get app
inews
Aa Read Next : Pj Wali Kota Tasikmalaya Asep Sukmana: Pupuk Subsidi Harus Tepat Sasaran

Tradisi Nyate Bareng Ala Warga Pasangrahan Tasikmalaya Dimomen Idul Adha: Pererat Silaturahmi

Senin, 17 Juni 2024 | 19:20 WIB
header img
Tradisi Nyate Bareng Ala Warga Pasangrahan Tasikmalaya Dimomen Idul Adha: Pererat Silaturahmi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Bagi masyarakat muslim terutama di Indonesia, Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang istimewa. Karena dimomen tersebut daging kurban melimpah dan dibagikan kepada masyarakat. 

Banyaknya daging kurban inilah yang dimanfaatkan umat muslim untuk nyate atau membakar sate. Tradisi nyate ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara umat Islam disaat Idul Adha. 

Tradisi nyate dilaporkan sudah berlangsung sejak abad ke-19. Saat itu, sate diperkenalkan oleh pendatang Arab, atau muslim Tamil dan Gujarat dari India. Dan kemudian dikembangkan di wilayah Jawa hingga nusantara. 

Saat ini, hampir di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali di Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Pasangrahan, Desa Margalaksana, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, umat muslim melaksanakan tradisi nyate daging kurban. 

Warga yang menerima daging kurban, nyate bareng sanak keluarga, tetangga, kerabat. Mereka nyate bareng di halaman rumah bahkan gang-gang di pemukiman warga. 

Salah seorang warga yang nyate bareng, Arifin (23) mengatakan, momen Idul Adha sangat ditunggu-tunggu untuk membakar sate. Daging yang diperoleh dari panitia kurban sebagian disate dan sebagian lagi dibuat olahan makanan lainnya, seperti rendang, gepuk, dan lainnya. 

"Tadikan dapat daging dari panitia kurban, satu KK alhamdulillah dapat satu kilogram (kg). Dan sekarang kita nyate bareng," kata Arifin, Senin (17/6/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut