get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Rabu 19 Juni 2024

Bakal Ada Liga 4 di Ajang Kompetisi Sepak Bola Nasional

Minggu, 16 Juni 2024 | 08:41 WIB
header img
Bakal Ada Liga 4 di Ajang Kompetisi Sepak Bola Nasional. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Kasta liga sepak bola di Indonesia akan bertambah satu lagi. PSSI menggagas digelarnya liga 4, melengkapi struktur kompetisi yang saat ini terdiri dari liga 1, liga 2, dan liga 3.

"Pada Kongres PSSI yang kami ikuti beberapa hari lalu, ada gagasan untuk digelarnya liga 4. Ini disampaikan langsung oleh Pak Erick (Erick Thohir, Ketua Umum PSSI)," ujar Financial Officer PSGC Ciamis, Erwan Derwaman, kepada iNewsCiamisRaya.id, jejaring iNewsTasikmalaya.id pada Sabtu (15/6/2024).

Kongres Biasa PSSI berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (12/6/2024), diikuti oleh 31 Asprov PSSI, 15 klub liga 1, 12 klub liga 2, 13 klub liga 3 (termasuk PSGC Ciamis), dan 4 asosiasi.

Erick Thohir, dalam kongres tersebut, mengemukakan ide tentang Liga 4 untuk meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia, serta sebagai bentuk pembinaan dan opsi untuk mencari bibit pesepak bola terbaik di seluruh nusantara.

"Bagaimana bentuk liga 4 nanti, memang belum ada penjelasan secara teknis. Tentu akan ada workshop terlebih dahulu," jelas Erwan.

Erwan berharap, dengan adanya liga 4, klub yang saat ini bertarung di liga 3 Nasional (80 besar) tidak perlu lagi mengikuti kompetisi liga 3 regional (liga 3 seri 1 di tingkat provinsi/Asprov).

"Kalau harus dari bawah lagi (liga 3 seri 1 di tingkat Asprov), tentu akan memakan banyak waktu dan biaya seperti yang sudah-sudah," ungkap Erwan.

Pada musim Liga 3 tahun 2023/2024 lalu, PSGC Ciamis lolos ke babak 80 besar Liga 3 Nasional setelah mengikuti kompetisi Liga 3 Seri 1 Regional Jabar. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut