get app
inews
Aa Read Next : STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian Empat Kali Berturut-turut

Pilkada Ciamis 2024, Herdiat Sunarya - Yana D Putra Jilid 2 Didukung Koalisi 5 Parpol

Minggu, 09 Juni 2024 | 19:55 WIB
header img
Pilkada Ciamis 2024, Herdiat Sunarya - Yana D Putra Jilid 2 Didukung Koalisi 5 Parpol. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Ciamis, iNewsTasikmalaya.id - Lima partai politik (parpol) di Ciamis, yaitu Gerindra, Golkar, Nasdem, PAN, dan PBB, secara resmi berkoalisi untuk mengusung pasangan Herdiat-Yana (HY) dalam Pilkada Ciamis 2024.

Deklarasi koalisi parpol yang memiliki kekuatan 23 kursi di DPRD Ciamis (hasil Pileg 2024), berlangsung di Rest Area Check Point Pamalayan pada Minggu (9/6/2024) sore. 

Acara tersebut dihadiri oleh ketua dan pengurus DPC Partai Gerindra Ciamis, DPD Golkar Ciamis, DPC Nasdem Ciamis, DPD PAN Ciamis, dan DPC PBB Ciamis, serta pasangan bakal calon bupati-wakil bupati (incumbent) Herdiat Sunarya dan Yana D Putra.

“Hari ini lima partai resmi berkoalisi dengan nama Koalisi Ciamis Maju untuk mengusung Cabup-Cawabup Herdiat-Yana pada Pilkada Serentak 2024,” ujar Ketua Koalisi Ciamis Maju, Pipin Arif Apilin, kepada iNewsCiamisRaya.id dan wartawan lainnya usai deklarasi pada Minggu (9/6/2024).

Menurut Pipin, Koalisi Ciamis Maju yang mengusung pasangan HY (jilid 2) memiliki kekuatan 23 kursi di DPRD Ciamis hasil Pileg 2024, dengan rincian PAN (7 kursi), Gerindra (6 kursi), Golkar (5 kursi), Nasdem (4 kursi), dan PBB (1 kursi).

“Jumlah kursi ini sudah cukup untuk memenuhi syarat pengusungan calon pada pilkada nanti. Sementara, rekomendasi untuk pasangan HY masih dalam proses di tingkat partai masing-masing,” ujarnya.

Meski jumlah kursi sudah cukup, menurut Pipin, Koalisi Ciamis Maju masih membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung.

“Kami masih membuka kesempatan untuk partai lain untuk bergabung dalam koalisi,” imbuh Pipin.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut