get app
inews
Aa Read Next : Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Kota Tasikmalaya Hari Ini, Selasa, 21 Mei 2024

Mahasiswi Prodi Kesmas Unsil Tasikmalaya Launcing Sosialisasi Bahaya DBD dan Pojok Abate

Rabu, 15 Mei 2024 | 12:16 WIB
header img
Mahasiswi Prodi Kesmas Unsil Tasikmalaya Launcing Sosialisasi Bahaya DBD dan Pojok Abate. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Mahasiswi Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kelompok Dharmadaksa, melaunching program Sosialisasi Bahaya DBD dan Pojok Abate (SOHIB POKAT) di Aula Kelurahan Setiajaya, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Rabu (15/5/2024) pagi.

Launching program kesehatan bertajuk SOHIB POKAT tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Lurah Setiajaya, Dadan Hernawan, Kepala Puskesmas Kersanagara M Ginanjar, Perwakilan Kecamatan Cibeureum, Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Porgram Unsil, Rian Arie Gustaman, Babinsa serta kader puskesmas.

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatangan surat keputusan untuk pelaksanaan program pojok abate. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, kader puskesmas, masyarakkat, ketua rt dan rw setempat.

Ketua Kelompok Dharmadaksa, Farsya Devana Fatikah Fajwah, mengungkapkan, bahwa launching program SOHIB POKAT tersebut pada dasarnya adalah sebuah tugas dari Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Porgram Unsil, Rian Arie Gustaman.

"Jadi kita ini ditugaskan untuk pertama-tama itu survei ke wilayah yang ada di Kelurahan Setiajaya, penyakit apa yang sekiranua berbahaya. Yang kami temukan itu hasilnya adalah DBD dan kemudian kita berinovasi bahwa kita akan membuat program SOHIB POKAT," kata Farsya pada iNewsTasikmalaya.id.

Yang mana, dikatakan Farsya, SOHIB POKAT ini memiliki tujuan untuk menurunkan angka DBD, dan mengurangi kejadian DBD dengan strategi yaitu meningkatkan pengetahuan masyarakat. Terlebih, apa yang menjadi temuannya setelah dianalisis bersama 8 anggota lainnya menggunakan sisbon, bahwa di wilayah Kelurahan Setiajaya terinidikasi adanya kasus DBD.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut