get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Rabu 22 Mei 2024: Pagi Hari Cerah Berawan

Kakanwil Kemenkumham Jabar: Peran Kades Sangat Vital dalam Pengawasan Orang Asing di Daerah

Rabu, 01 Mei 2024 | 16:37 WIB
header img
Kakanwil Kemenkumham Jabar: Peran Kades Sangat Vital dalam Pengawasan Orang Asing di Daerah. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Masjuno, menegaskan pentingnya peran kepala desa dalam pengawasan terhadap orang asing.

Pernyataan ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Tasikmalaya yang diadakan di Singaparna pada Selasa (30/4/2024).

"Meskipun kepala desa diundang paling belakangan dalam forum ini, namun peran mereka sangat krusial dan vital dalam pengawasan terhadap orang asing di wilayahnya. Mereka adalah orang yang paling memahami kondisi warga yang tinggal di sekitar mereka," ujarnya.

Masjuno menjelaskan, bahwa Kantor Imigrasi Tasikmalaya akan segera meluncurkan Program Desa Binaan Imigrasi dengan melibatkan para kepala desa dan seluruh komponen masyarakat desa dalam mengawasi orang asing.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang akan bekerja di luar negeri agar tidak menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). 

Masjuno mengajak semua komponen yang hadir dalam TIMPORA, termasuk kepolisian, TNI, kejaksaan, pemerintah daerah, dan BIN, untuk bekerja sama dalam mengawasi keberadaan dan aktivitas orang asing.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut