get app
inews
Aa Read Next : Agresi Militer II, Pusat Kantor Darurat Gubernur Jabar Pernah Berdiri di Culamega Tasikmalaya

Hujan Deras Picu Pergerakan Tanah di Sodonghilir Tasikmalaya, 7 Rumah Terdampak

Sabtu, 27 April 2024 | 19:31 WIB
header img
Hujan Deras Picu Pergerakan Tanah di Sodonghilir Tasikmalaya, 7 Rumah Terdampak. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pergerakan tanah terjadi di Kedusunan Dugreup, Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya. 

Pergerakan tanah tersebut mengancam pemukiman warga. Pergerakan tanah ini dampak dari hujan deras yang terus mengguyur wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya. 

Pergerakan tanah ini juga menyebabkan tanah longsor menimpa pekarangan dan dinding rumah seorang warga, mengakibatkan kerusakan serta menimbulkan ancaman bagi keselamatan warga.

Aan Anisah (55), pemilik rumah yang terdampak longsor, warga Kampung Dugreup, menjelaskan, bahwa hujan deras yang turun sejak Kamis (25/4/2024) malam menjadi pemicu utama pergerakan tanah tersebut.

"Dari Kamis malam hujan deras sekali turun, dan di atas ada area persawahan, sehingga tebing dengan ketinggian empat meter dan lebar delapan meter longsor menimpa teras pekarangan dan dinding rumah," ungkap Aan, Sabtu (27/4/2024).

Aan menuturkan, bahwa material longsor yang berupa tanah lembek menyulitkan proses pembersihan yang telah dilakukan secara gotong royong oleh warga selama beberapa hari.

"Kami sudah tiga hari membersihkan material longsoran. Kemarin bersama warga gotong royong, dan sekarang proses pembersihan dilanjutkan oleh pihak keluarga," jelasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut