get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Kamis 9 Mei 2024

Pipa Transmisi PDAM Tirta Galuh Ciamis Terputus, Pasokan Air Bersih untuk 12.000 Pelanggan Terganggu

Sabtu, 27 April 2024 | 19:19 WIB
header img
Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Amsi. Pipa Transmisi PDAM Tirta Galuh Ciamis Terputus, Pasokan Air Bersih untuk 12.000 Pelanggan Terganggu. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Gangguan pasokan air baku dari intake Gunung Cupu telah menyebabkan dampak serius bagi 12.000 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Ciamis di wilayah layanan Ciamis Kota. Mereka sekarang terpaksa mengalami gangguan pasokan air bersih selama satu setengah bulan ke depan.

Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Amsi, menjelaskan, bahwa pasokan air baku dari intake Gunung Cupu terhenti total. Kondisi ini memaksa PDAM Tirta Galuh Ciamis untuk melakukan giliran pasokan air bersih untuk pelanggannya. 

"Putusnya pipa transmisi air baku Gunung Cupu memaksa kami untuk melakukan giliran pasokan air bersih bagi pelanggan di wilayah Ciamis Kota," ujar Amsi kepada, Sabtu (27/4) siang.

Menurutnya, pipa transmisi air baku berukuran 500 mm (20 inci) tersebut putus sepanjang 5 lente (30 meter) di daerah Blok Pabrik Katel Dusun Sukamaju Desa Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih pada Jumat (26/4/2024) dinihari. Kejadian itu disebabkan oleh luapan Sungai Citanduy akibat hujan ekstrim yang melanda Ciamis.

Hingga Sabtu siang, pipa yang putus dan jatuh ke Sungai Citanduy belum berhasil dievakuasi karena kondisi medan yang sulit dan arus sungai yang masih deras.

Amsi menjelaskan, bahwa pasokan air baku dari intake Gunung Cupu kini dialihkan ke intake lama, yaitu dari Sungai Cileueur di intake Jembatan Ampera. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut