get app
inews
Aa Read Next : Diguyur Hujan Deras, Atap Ruang UKS SMPN 1 Cimaragas Ciamis Ambruk

Hujan Deras, Sejumlah Rumah dan Puksesmas hingga Jalan di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir

Kamis, 11 April 2024 | 19:52 WIB
header img
Hujan Deras, Sejumlah Rumah dan Puksesmas hingga Jalan di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

Hujan Deras, Sejumlah Rumah dan Puksesmas hingga Jalan di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

"Sehingga ketika air melimpah langsung tumpah ruah menggenangi puskesmas, lokasinya di bawah," ujar Ucu.

Sedangkan untuk Jalan HZ sendiri, Ucu menyebut, ketika turun hujan dengan intensitas tinggi, HZ Mustofa tepatnya di depan Rumah Sakit TMC dan Plaza Asia Tasikmalaya akan terjadi banjir. 

Hal itu disebabkan adanya back water. Sehingga ketika air tumah ruah dengan volume tinggi maka bakc watter itu melintas dan meluas kedaratan ke jalan raya.

"Yang kedua sedementasi sungai yang tidak terpelihara itu menjadi salah satu penyebab. Yang ketiga ditambah dengan tumpukan sampah yang menjadi penghambat lajunya air. Yang keempat karena resapan air di perkotaan ini," jelasnya.

Ucu menambahkan, petugas BPBD Kota Tasikmalaya masih melakukan monitoring ke sejumlah wilayah yang rawan terjadinya bencana.

"Ada rumah-rumah di Kecamatan Cihideung, ada pohon tumbang di Jalan Letjen Mashudi dan Sewaka. Perkiraan kita hujan juga merata sampai ke Kabupaten Tasikmalaya. Sehingga patut diwaspadai air hujan yang menjadi rintakan di Kota Tasikmalaya menjadi potensi genangan di seluruh Kota Tasikmalaya," bebernya.

Ucu menyebut, ketinggian air yang menggenangi beberapa lokasi berbeda itu mencapai 15 cm. "Ketinggaian ada yang 15 cm," ungkapnya.

Disituasi cuaca hujan yang juga disertai petir, Ucu mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di pinggiran sungai, ketika turun hujan dengan intensitas tinggi diharapkan bisa mengamati permukaan air.

"Hindari berkendaraan di malam hari dalam kondisi hujan, karena hujan sekarang disertai petir. Dan jika ada kedaruraratn silahkan hubungi Call Center Gerak Cepat (GeCe) 112, itu bebas pulsa," tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut