get app
inews
Aa Read Next : Jembatan Penghubung antar Desa di Tasikmalaya Ambruk akibat Hujan Deras

Kisah Perajin Pandai Besi Masih Bertahan di Pelosok Tasikmalaya di Tengah Kemajuan Teknologi

Kamis, 28 Maret 2024 | 08:24 WIB
header img
Kisah Perajin Pandai Besi Masih Bertahan di Pelosok Bojonggambir Tasikmalaya di Tengah Kemajuan Teknologi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Perkembangan teknologi terus melaju pesat dan tak mampu dibendung, seiring perkembangan zaman. Termasuk produk perkakas rumah tangga dan pertanian

Di tengah produksi pabrikan yang kian mengikuti perkembangan teknologi terkini, jauh di pelosok pedesaan terdapat tempat pembuatan perkakas tradisional yang masih bertahan.

Tempat pembuatan beragam perkakas dari logam ini, hingga kini mampu bertahan dan memiliki pelanggan setia. Padahal produk sejenis banjir di pasaran dengan bentuk dan kualitas lebih baik.

Industri rumahan yang mampu bertahan ini tak lain usaha pandai besi yang terletak di Kampung Legoklimus, Desa Kertanegla, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak dirintis tahun 70an, usaha pembuatan perkakas dari logam ini hingga kini masih bertahan, dengan konsep pembuatan sederhana menggunakan tenaga manusia dan alat produkai tradisional, membuat berbagai peralatan prakakas dari bahan besi.

"Alhamdulillah hingga sekarang masih mampu berproduksi," ungkap Soleh (65), pemilik pandai besi tersebut, saat ditemui, Selasa (26/3/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut