get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

Boneka Haji Geyot Kembali Hadir di Alun-Alun Ciamis untuk Hibur Warga yang Ngabuburit

Senin, 11 Maret 2024 | 09:40 WIB
header img
Patung Haji Geyot Kembali Hadir di Alun-Alun Ciamis untuk Hibur Warga yang Ngabuburit. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Di Kota Ciamis, tanda bulan suci Ramadhan segera tiba terlihat dari kehadiran patung atau boneka penabuh beduk di alun-alun pusat kota tersebut.

Menyambut bulan puasa Ramadhan 1445 H tahun ini, patung penabuh beduk tersebut telah hadir di salah satu sudut Alun-Alun Ciamis.

Keberadaan boneka penabuh beduk yang akrab disapa Haji Geyot oleh masyarakat Tatar Galuh Ciamis ini sudah menjadi tradisi setiap tahun menyambut bulan puasa.

"Sejak dua hari lalu, Haji Geyot sudah hadir. Seperti biasanya, setiap bulan puasa Haji Geyot selalu ada di alun-alun," kata Upuy, seorang pedagang minuman di Alun-Alun Ciamis kepada iNewsCiamisRaya.id pada Minggu (10/3/2024).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Haji Geyot selalu berada di sudut selatan Alun-Alun Ciamis, di seberang Gedung DPRD Ciamis. Meskipun pada 2023, Haji Geyot sempat pindah sementara karena Alun-Alun Ciamis sedang direnovasi, tapi kini setelah renovasi selesai, Haji Geyot kembali ke lokasi semula.

Tahun ini merupakan tahun ke-24 kehadiran Haji Geyot di Alun-Alun Ciamis, menghibur warga yang sedang ngabuburit di pusat Kota Ciamis. Patung tersebut menjadi ikon ngabuburit di Alun-Alun Ciamis dan menjadi hiburan favorit bagi anak-anak.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut