get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah dan Adzan Magrib Kota Banjar Hari Ini, Selasa 9 April 2024/ 29 Ramadhan 1445 H

Tradisi Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Pasanggrahan Tasikmalaya Berziarah ke Tempat Pemakaman Umum

Minggu, 10 Maret 2024 | 11:40 WIB
header img
Tradisi Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Pasanggrahan Tasikmalaya Berziarah ke Tempat Pemakaman Umum. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ratusan warga Kampung Pasanggrahan, Desa Margalaksanaka, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, menyambut bulan suci Ramadhan dengan berziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat pada Minggu (10/3/2024).

Ziarah ke makam telah menjadi tradisi tahunan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan bagi warga Kampung Pasanggrahan. 

Kepala wilayah Kampung Pasanggrahan, Dede Lukmanul Hakim, menjelaskan bahwa tradisi tersebut biasanya dilakukan secara perorangan atau keluarga, namun kali ini seluruh kampung bergabung dalam kegiatan ziarah bersama-sama.

"Alhamdulillah, hari ini kami bersama seluruh warga Kampung Pasanggrahan melakukan nadran ke makam leluhur. Tradisi ini sudah menjadi bagian dari kebiasaan kami menyambut Ramadhan," kata Dede.

Setelah mendengarkan tausiyah dari ajengan dan mengirim doa untuk keluarga yang telah meninggal, warga bergotong royong membersihkan makam keluarga masing-masing.

"Dengan membaca tawasul, tausiyah, dan membaca yasin bersama-sama, warga kemudian membersihkan dan merawat makam keluarga mereka," tambahnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut