get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

Rumah di Ciamis Disambar Petir, Peralatan Elektronik Rusak dan Korban Alami Gangguan Pendengaran

Sabtu, 09 Maret 2024 | 12:17 WIB
header img
Rumah di Ciamis Disambar Petir, Peralatan Elektronik Rusak dan Korban Alami Gangguan Pendengaran. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Rumah milik Adin Muhidin (49) di Dusun Kereteg, Desa Mekarjadi Sadananya, Ciamis, menjadi korban sambaran petir pada Jumat (8/3/2024) sekitar pukul 15.00 WIB sore. Kejadian itu terjadi saat hujan lebat mengguyur sejak pukul 14.00 WIB, disertai angin kencang dan petir.

Petir menyambar antena televisi yang terpasang tinggi di sisi rumah korban. Meskipun atap genteng tidak langsung terkena dampak, sambaran petir merembet melalui kabel antena ke perangkat elektronik di dalam rumah, termasuk televisi dan kulkas.

Dampak dari sambaran petir juga terasa pada instalasi listrik, stop kontak, dan rentang kabel yang menyisakan jejak hitam di dinding. Rumah mengalami kerusakan serius, dengan instalasi listrik di dalamnya terbakar.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, Adin dan keluarganya mengalami gangguan pendengaran dan trauma akibat kejadian yang menakutkan tersebut.

"Korban selamat dari kejadian tersebut. Namun, kerugian materi yang dialami diperkirakan mencapai sekitar Rp10 juta," ujar relawan Tagana, Yulinti Eka. 

Warga dan berbagai pihak turut terlibat dalam penanganan insiden ini, termasuk aparat desa dan kecamatan, serta petugas dari babinsa, bhabinkamtibmas, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), dan relawan Tagana. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut