get app
inews
Aa Read Next : Olah TKP di Pasar Cikurubuk, Polisi Cari Barang Bukti Lain Kasus Mayat dalam Karung di Tasikmalaya

Aksi Bersih-Bersih Sungai Cimulu Tasikmalaya, Ditemukan Banyak Botol Bekas Miras

Sabtu, 24 Februari 2024 | 12:27 WIB
header img
Aksi Bersih-Bersih Sungai Cimulu Tasikmalaya, Ditemukan Banyak Botol Bekas Miras. Foto: iNewsTasikmalaya.id l/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Aksi bersih-bersih aliran Sungai Cimulu dilakukan Brigif 13 Galuh Rahayu bersama Forum Komunikasi Pecinta Alam Tasikmalaya(FKPAT), dan berbagai stakholder, Sabtu (24/2/2024) pagi.

Bersih-bersih Sungai Cimulu tepatnya di Kampung Sindanghurip, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, turut diikuti petugas BPBD Kota Tasikmalaya, UPTD BKPSDA, DLH, Damkar, DPUTR, Tagana, Dinsos, dan komunitas pencinta lingkungan lainnya.

Pantaunan di lokasi, petugas yang membersihkan aliran Sungai Ciwulan banyak menemukan botol bekas minuman keras (miras).

Dandenma Brigif 13 Galuh Rahayu, Mayor Inf Brahma Fathayasa, mengungkapkan, kegiatan yang berkolaborasi dengan berbagai pihak itu dalam rangka memperingati HUT Kostrad ke-63 itu serta memperingati HUT HPSN 2024.

"Pagi ini kita baksos kepada masyarakat setempat ya. Jadi kita membersihkan Sungai Cimulu. Ini dalam rangka memperingati HUT Kostrad yang ke-63," ucap Brahma. 

Menurutnya, aksi bersih-bersih ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan terkhusus aliran sungai Cimulu yang kondisinya tercemar oleh sampah. 

"Kita lihat sendiri kondisinya juga sudah mulai banyak sampah dan lumpur yang mengendap. Dan ini juga untuk mengantisipasi banjir," ungkapnya.

Brahma menyebut, selain sampah alam, seperti bebatuan yang sudah menumpuk hingga menimbulkan gundukan yang menghambat arus air, juga ditemukan banyaknya sampah non alam yang dihasilkan masyarakat.

"Kemudian ada sampah buatan, sampah buatan itu pembuangan-pembuangan masyarakat, walaupun mungkin bukan dari masyarakat sini," bebernya.

Dirinya menambahkan, agenda yang rutin tersebut diharapkan bisa membuat lingkungan di Kota Tasikmalaya semakin asri. 

"Semoga dari program kecil ini nanti kita akan ke program yang lebih besar lagi seperti Citarum Harum. Intinya kegiatan ini kita upayakan untuk masyarakat," papar Brahma.

Subkor OP Bidang SDA Dinas PUTR Kota Tasikmalaya, Taufik Hidayat, mengungkapkan, kondisi sejumlah sungai yang ada di Kota Tasikmalaya saat ini banyak dipenuhi sampah yang menumpuk. Sehingga aliran air menjadi terhambat dan bisa terjadi luapan air sungai. 

"Jadi yang menyebabkan arus air kurang lancar itu adanya sampah," kata Taufik.

Taufik menyebut, perlunya edukasi yang intens dilakukan semua pihak terkait, karena dengan membuang sampah ke sungai bisa saja menyebabkan banjir.

"Paling mendasarnya kita perlu menyadarkan atau mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke saluran air (sungai). Mungkin kurangnya fasilitas-fasilitas untuk membuang sampah di Kota Tasikmalaya jadi masyarakat bingung," tegasnya.

Di musim penghujan ini, pihaknya pun telah melakukan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama masalah menjaga sungai.

"Kita juga sering berikan imbauan kepada masyarakat, kita juga mobile membersihkan sungai-sungai yang banyak sampahnya," pungkas Taufik. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut