get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

IPSI Ciamis Berbenah, 88 Pendekar Ikut Pelatihan Pelatih Pencak Silat

Kamis, 22 Februari 2024 | 19:19 WIB
header img
IPSI Ciamis Berbenah, 88 Pendekar Ikut Pelatihan Pelatih Pencak Silat. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 88 pendekar dari berbagai paguron silat di Ciamis telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pelatih pencak silat.

Kegiatan ini diadakan di Hotel La Risa Ciamis dan dibuka oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengcab IPSI Ciamis.

Menurut Yana D Putra, bimtek kepelatihan ini merupakan langkah utama dalam memperbaiki prestasi pencak silat di Ciamis. Belakangan ini, prestasi silat di daerah tersebut menurun akibat minimnya event kompetisi dan pembatasan kegiatan selama pandemi.

"Bimtek ini adalah langkah pertama untuk meningkatkan standar kepelatihan," ungkap Yana D Putra, Kamis (22/2/2024).

Salah satu fokus utama adalah penyesuaian dengan aturan-aturan baru yang perlu dipahami oleh para pelatih. Misalnya, mengenai teknik jatuhan, di mana tiap paguron mungkin memiliki penilaian dan pemahaman yang berbeda sehingga diperlukan standar teknik yang dapat diterima oleh semua paguron.

"Ada aturan-aturan baru yang perlu dipahami, bukan hanya oleh pelatih, tetapi juga oleh wasit dan atlet sendiri. Oleh karena itu, standarisasi metodologi kepelatihan menjadi hal yang penting dalam pengembangan olahraga pencak silat di Ciamis," jelasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut