get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

Dinkes Ciamis Ambil Sampel Makanan yang Diduga Jadi Penyebab Sekeluarga Keracunan

Rabu, 21 Februari 2024 | 06:57 WIB
header img
Dinkes Ciamis Ambil Sampel Makanan yang Diduga Jadi Penyebab Sekeluarga Keracunan. Foto: dok. Kesmas Dinkes Kabupaten Ciamis

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis telah mengambil sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan satu keluarga di Dusun Sumur Bandung, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis. 

"Sampel makanannya sudah diambil untuk diperiksa di laboratorium," ujar Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, dr. H Yoyo M.Kes, didampingi oleh Kabid Kesehatan Masyarakat, dr. Eni Rohaeni, Selasa (20/2/2024).

Menurut dr. Eni, makanan yang sudah diambil sampelnya terdiri dari tumis jamur, tahu, dan petai. "Jadi, jamur tersebut ditumis bersama tahu dan petai," ungkapnya.

"Dari hasil pemeriksaan di laboratorium, nantinya akan diketahui faktor mana yang dominan sebagai penyebab keracunan, apakah tahu, petai, atau jamur," ujarnya.

Ia menyebut, setelah terjadinya keracunan, Dinkes Ciamis mengirim dua petugas Kesehatan Masyarakat untuk mengambil sampel makanan yang dikonsumsi oleh keluarga tersebut. 

Selain tumis jamur, tahu, dan petai, juga diambil sampel nasi dan otak-otak yang dikonsumsi pada pagi itu. Selain itu, cairan muntah dari penderita juga diambil sebagai sampel.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut