get app
inews
Aa Read Next : Politik Uang dan Hukum Menerima Sogokan Pemilu dalam Perspektif Islam

Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Kota Tasikmalaya, KPU Targetkan Selesai H-3 Pencoblosan

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:57 WIB
header img
Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Kota Tasikmalaya, KPU Targetkan Selesai H-3 Pencoblosan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya menetapkan target untuk menyelesaikan tahap distribusi surat suara dan logistik Pemilu 2024 pada H-3 sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari mendatang.

Hal ini diungkapkan olehKadiv Teknis Penyelenggara KPU Kota Tasikmalaya, Aliferi, saat diwawancarai di kantornya di Jalan SKP pada Rabu (7/2/2024).

"Sudah harus terdistribusikan sebelum H-3 untuk semua logistik Pemilu 2024 di Kota Tasikmalaya," ujar Aliferi.

Saat ini, Aliferi menjelaskan, bahwa pendistribusian surat suara dan logistik lainnya masih menunggu kelengkapan semua barang. Masih terdapat kekurangan yang harus diatasi.

"Kita akan mengatur pendistribusian tersebut begitu semuanya siap. Masih ada kekurangan dari proses sortir yang belum terselesaikan. Hari ini, semua kekurangan tersebut akan diambil oleh KPU dan polisi ke Bawen," katanya.

Dalam hal pendistribusian, Aliferi menjelaskan bahwa mereka akan menggunakan layanan PT POS untuk mengirimkan logistik ke berbagai lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 10 Kecamatan di Kota Tasikmalaya.

"Kita akan menggunakan PT Pos untuk pendistribusian ini, karena itu memberikan jaminan dari hujan dan berbagai cuaca buruk lainnya. Di Kota Tasikmalaya, terdapat 1.995 TPS, termasuk 2 TPS khusus di Lapas," tambahnya.

Mengenai TPS yang rentan terhadap bencana, Aliferi menjelaskan, bahwa mereka tidak menyarankan TPS berada di ruang terbuka. Ini karena Pemilu ini berlangsung pada musim hujan yang tinggi.

Dia menambahkan, untuk TPS dalam ruangan, mereka sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya untuk menggunakan sejumlah sekolah yang ada di Kota Tasikmalaya, termasuk 230 sekolah SD dan SMP.

"Kami telah memetakan bahwa tidak disarankan TPS berada di luar ruangan. Namun,jika tidak ada pilihan lain, boleh dilakukan di luar ruangan dengan syarat aman dari hujan. Yang terpenting adalah tersedia tempat evakuasi jika terjadi keadaan darurat. Kami juga meminta kepada teman-teman PPK untuk melakukan peninjauan langsung," jelasnya.

"Hari ini seharusnya semuanya sudah jelas, termasuk lokasi TPS di luar ruangan, tempat evakuasi, dan sebagainya. Komunikasi dengan BPBD sangat baik, dan mereka juga sudah melaksanakan simulasi untuk mengantisipasi bencana," pungkasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut