get app
inews
Aa Read Next : Jalur Cikatomas-Cilopadang Ciamis Terancam Putus, Tebing di Pinggir Jalan Longsor

Terdampak Pergerakan Tanah, Warga Puspasari Adakan Ronda Antisipasi Longsor dan Jatuh Korban

Sabtu, 03 Februari 2024 | 15:59 WIB
header img
Terdampak Pergerakan Tanah, Warga Puspasari Adakan Ronda Antisipasi Longsor dan Jatuh Korban. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Antisipasi datangnya bencana alam, warga Kampung Calingcing, Desa Puspasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, mengadakan ronda malam secara bergiliran.

Warga yang berada di daerah perbukitan itu mengaku cemas terhadap ancaman bencana tanah longsor maupun pergetakan tanah di daerah mereka menyusul hujan yang kerap turun.

Terlebih sebelumnya sekitar satu hektare lahan pesawahan di Kampung Calingcing, Desa Puspasari mengalami retak dan amblas terdampak pergerakan tanah.

Kepala Desa Puspasari, Sutisna, mengatakan, pemerintah desa sudah membentuk kegiatan ronda malam bersama Linmas dan warga di masing-masing RT. 

Tujuannya untuk mengantisipasi timbulnya korban jika terjadi pergerakan tanah susulan yang bahkan bisa menyebabkan longsor. Dengan adanya ronda malam, jika terjadi bencana malam hari bisa segera diketahui.

"Kami rutin melakukan ronda malam. Karena daerah ini memang masuk rawan pergerakan tanah. Potensi pergerakan tanah susulan memungkinkan terjadi lagi jika hujan deras terus mengguyur," kata Sutisna, kepada iNewsTasikmalaya.id, Sabtu (3/1/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut