get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Kamis 9 Mei 2024: Siang Hari Hujan Ringan

Kekhawatiran KPU Kota Tasikmalaya Terhadap Partisipasi Gen Z dalam Pemilu 2024

Rabu, 13 Desember 2023 | 10:19 WIB
header img
Kekhawatiran KPU Kota Tasikmalaya Terhadap Partisipasi Gen Z dalam Pemilu 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya, Asep Rismawan, menyampaikan kekhawatirannya terkait partisipasi Generasi Z (Gen Z) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Asep Rismawan mengatakan, bahwa upaya pencegahan telah dilakukan dengan intensifikasi sosialisasi, terutama di kalangan pelajar atau pemilih pemula. 

Pada Pemilu 2019 di Kota Tasikmalaya, KPU mencatat partisipasi pemilih sebesar 87 persen, sebuah angka yang menunjukkan tingginya antusiasme warga kota dalam berpartisipasi dalam proses demokrasi. 

Namun, Asep Rismawan menyampaikan keprihatinannya terkait potensi menurunnya partisipasi pemilih, terutama di kalangan Gen Z pada Pemilu mendatang.

"Sosialisasi ke sekolah menjadi salah satu langkah preventif yang kita lakukan. Generasi Z memiliki karakteristik dan tantangan tersendiri. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan minat mereka terhadap proses demokrasi," ungkap Asep Rismawan kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Dalam menghadapi Pemilu 2024, KPU Kota Tasikmalaya telah merancang program sosialisasi yang lebih berfokus pada platform digital dan kegiatan di lingkungan pendidikan. 

Hal ini diharapkan dapat menjangkau dan memotivasi Gen Z yang cenderung aktif di dunia maya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut