get app
inews
Aa Read Next : Berkolaborasi dengan PWI Tasikmalaya, Katar Desa Cihaur Manonjaya Gelar Bimtek Literasi Media

Dermaga Pamayangsari Overkapasitas, HNSI Kabupaten Tasikmalaya Minta Pemprov Jabar Lakukan Perluasan

Minggu, 10 Desember 2023 | 18:08 WIB
header img
Dermaga Pamayangsari Overkapasitas, HNSI Kabupaten Tasikmalaya Minta Pemprov Jabar Lakukan Perluasan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dermaga Pamayangsari di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, menghadapi masalah serius akibat overkapasitas. Dengan kondisi yang memprihatinkan, dermaga tersebut kini menampung lebih dari 300 perahu nelayan, melampaui kapasitas normalnya yang seharusnya 150 perahu.

Dalam pantauan langsung di lokasi, terlihat perahu-perahu yang tersusun rapat, sehingga sulit untuk keluar. Para nelayan harus menunggu secara bergantian untuk bisa mengeluarkan perahunya. 

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya,Dedi Mulyadi, mengatakan, dirinya khawatir terhadap kondisi saat ini, di mana dermaga sudah overkapasitas. "Sudah berlangsung selama tiga tahun," kata Dedi, Minggu (10/12/2023).

Menurut Dedi, overkapasitas ini menyebabkan kerusakan pada banyak perahu nelayan akibat gesekan dan benturan di dermaga. "Dermaga Pamayangsari di Kabupaten Tasikmalaya merupakan yang terbesar, sementara tempat lain seperti Cikalong sudah tidak dapat dioptimalkan," ujarnya.

Dedi menyoroti risiko kecelakaan yang meningkat karena terlalu padatnya perahu. Dia menggambarkan bahwa jika perahu bisa berbicara, banyak yang akan mengeluh karena saling bersentuhan dan banyak yang rusak. 

"Keadaan ini semakin memperparah situasi para nelayan yang sudah mengeluhkan penurunan harga ikan hingga 30 persen," ungkapnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut