get app
inews
Aa Read Next : Atap Ruang Lab SMPN 1 Pamarican Ambruk, Kadisdik Ciamis: Jadi Taman Ruang Terbuka

Keindahan Kapal Pinisi asal Sulawesi di Google Doodle Hari Ini

Kamis, 07 Desember 2023 | 08:40 WIB
header img
Keindahan Kapal Pinisi asal Sulawesi di Google Doodle Hari Ini. Foto: Tangkapan Layar

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Hari ini, Google merayakan salah satu bagian berharga dari warisan budaya Indonesia dengan menampilkan kapal Pinisi sebagai Doodle harian.

Kapal Pinisi, yang telah menjadi simbol kemajuan teknologi maritim Indonesia, merupakan kekayaan sejarah dan keindahan desain tradisional.

Apa itu Kapal Pinisi?

Kapal Pinisi adalah jenis kapal layar tradisional yang berasal dari Sulawesi, Indonesia. Namanya diambil dari kata "pinisi" dalam bahasa Bugis, yang berarti "tiga". Nama ini merujuk pada tiga jenis layar utama yang digunakan oleh kapal ini. Kapal Pinisi biasanya memiliki dua tiang layar utama dan satu tiang layar puncak.

Sejarah Kapal Pinisi

Sejarah kapal Pinisi dapat ditelusuri kembali ke abad ke-14, dan hingga saat ini, mereka masih digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk sebagai kapal kargo dan pesiar. Keunikan desain kapal pinisi membuatnya menjadi daya tarik bagi para pecinta kapal dan pelayaran tradisional.

Desain yang Unik

Salah satu ciri khas kapal pinisi adalah bentuknya yang elegan dan fungsional. Desainnya memungkinkan kapal ini melibas lautan dengan gesit, bahkan di perairan dangkal. Selain itu, kapal pinisi memiliki kemampuan manuver yang luar biasa, membuatnya ideal untuk menjelajahi perairan kepulauan Indonesia yang luas.

Beberapa ciri khas dari kapal Pinisi:

Badan Kapal yang Panjang

Kapal pinisi biasanya memiliki badan yang panjang, membuatnya cocok untuk berlayar di perairan terbuka.

Tanpa Kuku dan Kemudi

Kapal ini umumnya tidak memiliki kuku (bagian penonjolan di bawah badan kapal) dan kemudi di bagian belakang. Sebagai gantinya, mereka menggunakan sistem kemudi yang disebut "katir."

Rigging Tradisional

Kapal pinisi dilengkapi dengan layar-layar tradisional yang disusun secara khas. Rigging ini memungkinkan kapal berlayar dengan baik di perairan Indonesia yang seringkali memiliki angin kencang.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut