get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

5 Gen Z di Ciamis Terkena HIV AIDS, KPA: Terpapar Saat SMP Dampak Prilaku Seks Menyimpang

Selasa, 28 November 2023 | 08:31 WIB
header img
5 Gen Z di Ciamis Terkena HIV AIDS, KPA: Terpapar Saat SMP Dampak Prilaku Seks Menyimpang. Foto: Istimewa/Ilustrasi

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Memperingati Hari AIDS Sedunia yang akan jatuh pada tanggal 1 Desember mendatang, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Ciamis mengambil inisiatif dengan mengukuhkan duta KPA tingkat SMP se-Ciamis.

Sebanyak 81 pelajar terpilih menjadi duta KPA dari masing-masing SMP di Ciamis. Pengukuhan dilakukan secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, di Aula Setda Ciamis pada Senin (27/11/2023). 

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kasus tertularnya HIV/AIDS pada anak usia SMP, khususnya generasi Gen Z, yang banyak terjadi akibat prilaku seks bebas dan menyimpang, terutama melalui hubungan seks sesama jenis.

Menurut Ketua Sekretariat KPA Ciamis, Ustaz Andi Ali Fikri, pada 2022, terdapat 5 anak generasi Z yang terpapar HIV/AIDS, di mana mereka tertular saat masih bersekolah di SMP dan SMA. 

Dengan demikian, pengukuhan duta KPA tingkat SMP menjadi langkah awal untuk meningkatkan kesadaran dan pencegahan di kalangan remaja.

“Tahun 2022, ada 5 anak generasi Z yang terpapar HIV/AIDS. Dari pelacakan yang dilakukan mereka terinfeksi virus HIV AIDS saat masih sekolah di SMP dan SMA. Sehingga akhirnya terpaksa putus sekolah (DO),” kata ustaz Andi. 

Ustaz Andi Ali Fikri menjelaskan, langkah ini merupakan bentuk kesadaran bersama terhadap ancaman penularan HIV/AIDS pada generasi Z di Ciamis. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut