get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Minggu 12 Mei 2024: Pagi Hari Cerah Berawan

Balai POM di Tasikmalaya Lakukan Pengawasan Pangan di Pasar Cibeureum, Temukan Makanan Berformalin

Minggu, 19 November 2023 | 12:43 WIB
header img
Balai POM di Tasikmalaya Lakukan Pengawasan Pangan di Pasar Cibeureum, Temukan Makanan Berformalin. Foto: Loka POM di Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Balai POM di Tasikmalaya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melaksanakan pengawasan pangan melalui NGULISIK (Nguji keliling, Sosialisasi, sareng Perizinan Balai POM di Tasikmalaya) di Pasar Cibeureum dalam rangka Revitalisasi Mobil Laboratorium Keliling, Jumat (17/11/2023).

Hasil pengujian cepat terhadap 13 sampel makanan menunjukkan bahwa 1 sampel positif mengandung formalin dan 1 sampel positif mengandung rhodamine b

Petugas melakukan sampling terhadap makanan siap saji seperti cumi, ikan cucut, teri nasi, tahu putih, kerupuk, kue apem, kue lapis, kue aci, dan lainnya.

Selama kegiatan sampling, petugas juga memberikan sosialisasi kepada pedagang terkait keamanan pangan dan penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan dengan mendistribusikan leaflet Cek KLIK dan Bahan Berbahaya Pada Pangan. 

Petugas Balai POM di Tasikmalaya, Suci, mengatakan, terdapat 4 bahan berbahaya yang tidak boleh digunakan dalam makanan, yaitu formalin, boraks, rhodamine b, dan methanil yellow.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut