get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: AKBP Joko Sulistiono: Kota Tasikmalaya Jadi Titik Kumpul Berandalan Bermotor Priangan Timur

BI Tasikmalaya: Pertumbuhan Ekonomi Priangan Timur Tetap Tumbuh Kuat

Kamis, 09 November 2023 | 18:46 WIB
header img
BI Tasikmalaya: Pertumbuhan Ekonomi Priangan Timur Tetap Tumbuh Kuat. Foto: dok. BI Tasikmalaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Aswin Kosotali, menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Priangan Timur tetap kuat di tengah perlambatan ekonomi dunia.

"Bahkan diperkirakan perekonomian Priangan Timur masih terus tumbuh positif hingga akhir tahun 2023," ungkap Aswin, pada acara temu Responden 2023 di Ballroom Hotel Santika, Kamis (9/11/2023).

Hal tersebut, menurut Aswin,  tercermin dari beberapa kinerja positif berbagai indikator ekonomi, seperti pertumbuhan kredit konsumsi, keyakinan konsumen, pertumbuhan inflasi, realisasi anggaran pemerintah daerah, optimisme pelaku usaha, dan beberapa indikator lainnya.

"Membaiknya kondisi perekonomian Priangan Timur juga tercermin dari hasil survei yang dilaksanakan oleh Perwakilan BI Tasikmalaya. Berdasarkan hasil SKDU (Survei Kegiatan Dunia Usaha, Red), kondisi dunia usaha pada triwulan III-2023 masih menunjukkan trend positif dan diperkirakan terus berlangsung hingga triwulan IV-2023," jelas Aswin.

Salah satu realisasinya adalah investasi triwulan III-2023 mengalami peningkatan sebesar 25% (yoy). Secara nominal, angka realisasi di Priangan Timur sebesar Rp 224,8 miliar, dengan porsi terbesar berasal dari Kabupaten Pangandaran (23%) dan yang terendah berasal dari Kabupaten Ciamis (13%).

"Realisasi investasi terbesar berasal dari sektor perdagangan, industri kayu, dan industri tekstil," ungkap Aswin.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut