get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Minggu 12 Mei 2024

Ribuan Santri di Ciamis Lantunkan Sholawat, Berharap Syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Minggu, 22 Oktober 2023 | 12:58 WIB
header img
Ribuan santri di Ciamis lantunkan sholawat, berharap syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Ribuan santri mengikuti peringatan Hari Santri Nasional di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya beserta jajaran serta para pimpinan pondok pesantren dan para santri melantunkan sholawat Nariyah bersama berharap di momentum hari santri ini mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Herdiat menyampaikan bahwa penetapan Hari Santri Nasional didasarkan pada sejarah perjuangan para santri, terutama pada peristiwa pertempuran melawan penjajah sekutu di Surabaya.

Dimana perjuangan ini diawali dengan resolusi jihad oleh ulama dan pahlawan nasional, KH. Hasyim Asy'ari, pada tanggal 22 Oktober 1945.

"Para santri dengan tekun dan semangat tinggi bergabung dalam perjuangan ini, berhasil mengobarkan semangat juang di wilayah lain, dan bersama rakyat Indonesia melawan penjajah demi mempertahankan kemerdekaan bangsa," ungkapnya. Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, peringatan Hari Santri Nasional adalah momentum penting untuk mengenang nilai-nilai semangat perjuangan dan pengorbanan para santri dalam sejarah bangsa Indonesia.

Meskipun saat ini kita tidak lagi berhadapan dengan penjajah, semangat para santri harus tetap diwarisi dalam konteks zaman yang berbeda.

"Perjuangan para santri tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, tetapi lebih kepada perjuangan intelektual, membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan nasionalisme," ujarnya.

Herdiat juga menjelaskan para santri saat ini memainkan peran sebagai pejuang dan teladan melalui jihad intelektual, membela nilai-nilai keadilan dan nasionalisme dengan senjata buku, pena, dan teknologi sebagai alat penyebaran pengetahuan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut