Logo Network
Network

Miras Ciu Kemasan Cup Marak Dikonsumsi Remaja, Kapolres Tasik Kota: Murah dan Gampang Didapat

Heru Rukanda
.
Senin, 24 Januari 2022 | 11:58 WIB
Miras Ciu Kemasan Cup Marak Dikonsumsi Remaja, Kapolres Tasik Kota: Murah dan Gampang Didapat
Miras Ciu Kemasan Cup Marak Dikonsumsi Remaja, Kapolres Tasik Kota: Murah dan Gampang Didapat. (Foto:iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, iNews.id - Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, minuman keras (miras) jenis ciu kemasan cup atau gelas banyak dikonsumsi oleh anak-anak muda atau remaja di Kota Tasikmalaya

Dari segi ekonomis memang miras ciu ini murah dan gampang didapatkan. Harganya yang murah yakni Rp10 ribu per cup menjadikan miras kemasan cup ini menjadi miras favorit di kalangan remaja. 

"Belakangan ini miras ciu memang marak dikonsumsi oleh anak-anak muda di Kota Tasikmalaya. Anak-anak muda mengonsumsinya di pinggir jalan dan mereka ini ada juga anak-anak muda dari luar daerah terutama pada malam Minggu," ujar Aszhari, Senin (24/1/2022).

Ia menuturkan, dari temuan di lapangan bahwa miras ciu murni ini biasanya dikonsumsi dengan dicampur dengan minuman beralkohol lainnya dan minuman suplemen. 

"Biar rasanya mungkin lebih enak mungkin agar ada variasi rasa tidak murni rasa ciu," kata dia. 

Aszhari menjelaskan, mengonsumsi miras bisa merubah perilaku pengonsumsinya. Bahkan tersugesti untuk melakukan tindakan yang sifatnya melanggar hukum. 

"Korelasi dari miras ini bahwa ciu ini akan merubah perilaku anak-anak muda karena mereka akan tersugesti dan melakukan tindakan yang sifatnya melanggar hukum," jelas Aszhari. 

Lebih jauh orang nomor satu di Polres Tasikmalaya Kota ini mengatakan, pihaknya terus berupa menekan peredaran miras di Kota Tasikmalaya dengan meningkatkan patroli dan razia penyakit masyarakat (pekat). 

"Kami terus berupaya dalam meminimalisir peredaran miras di Kota Tasikmalaya. Terutama miras ciu yang dalam beberapa hari terakhir marak di Kota Tasikmalaya," tegas Aszhari. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.