get app
inews
Aa Read Next : Cek Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Kota Tasikmalaya Hari Ini, Kamis, 2 Mei 2024

Pembuatan 1.000 Liter Cairan Eco Enzyme Meriahkan Puncak WCD 2023 Tingkat Kota Tasikmalaya

Senin, 25 September 2023 | 16:11 WIB
header img
Pembuatan 1.000 Liter Cairan Eco Enzyme Meriahkan Puncak WCD 2023 Tingkat Kota Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Aksi pembuatan 1.000 liter Eco Enzyme meriahkan puncak peringatan Word Cleanup Day (WCD) 2023 tingkat Kota Tasikmalaya, Senin (25/9/2023).

Kegiatan dengan tema Dari Tasikmalaya untuk Indonesia ini diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, forkopimda, DPRD, Komunitas Eco Enyzme Tasikmalaya, TNI-Polri, dan Komunitas Pencinta Lingkungan. Kegiatan ini digelar di Situ Gede, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. 

Diketahui, Eco Enzyme merupakan larutan multifungsi yang dihasilkan melalu proses fermentasi dari campuran sisa sampah organis, seperti buah-buahan, sayuran, gula merah, tebu, dan air.

Sementara itu, dalam pembuatannya yaitu dengan menyiapkan air dan bahan yang diperlukan dengan perbandingan 1:3:10 (1 bagian gula, 3 bagian buah/sayur dan 10 baguan air). Bahan tersebut kemudian dicampurkan ke dalam wadah plastik dan aduk. 

Wadah plastik dipilih agar lebih fleksibel dan tidak tidak meledak saat fase hail fermentasi bertambah. Setelah itu tutup wadah sampai kedap udara, dibiarkan selama 3 bulan di tempat yang sejuk.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, WCD ini bagain dari 13 juta relawan yang bersih-bersih. Yang mana dalam WCD tingkat Kota Tasikmalaya hadirnya pembuatan 1.000 litter Eco Enzyme yang dilakukan komunitas Eco Enzyme Tasikmalaya.

"Eco Enzyme diluncurkan pengolahan semoga 3 bulan ke depan bisa dipanen," ucap Cheka. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut