get app
inews
Aa Read Next : Berkolaborasi dengan PWI Tasikmalaya, Katar Desa Cihaur Manonjaya Gelar Bimtek Literasi Media

Alhambra Hotel & Convention, Hotel Berbintang Pertama di Kabupaten Tasikmalaya dengan Konsep Islami

Sabtu, 09 September 2023 | 19:57 WIB
header img
Bupati Tasikmalaya, H Ade Sugianto (tengah) meresmikan Alhambra Hotel & Convention, hotel bintang empat di Singaparna, Sabtu (09/09/23). Foto: iNewsTasikmalaya.id/Firman Suryaman

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Hotel berbintang hadir di Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya dan diresmikan langsung Bupati, H Ade Sugianto, Sabtu (09/09/23).

Hotel bintang empat tersebut diberi nama Alhambra Hotel & Convention terletak di ruas jalan provinsi Tasikmalaya-Bandung via Garut. Tepatnya di Jalan Sentral No 1, Cikunten, Singaparna.

"Alhamdulillah mimpi kita memiliki hotel berbintang akhirnya terwujud," kata Bupati Tasikmalaya, H Ade Sugianto, dalam sambutannya.

Menurut Ade, berdirinya hotel berkonsep religi Islami ini menjadi titik baru bangkitnya perekonomian Kabupaten Tasikmalaya terutama di sektor pariwisata.

"Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan wilayah yang indah. Saya akan menetapkan 92 desa menjadi desa wisata karena memiliki potensi alam yang indah," ujar Ade.

Ade pun mengharapkan segala kegiatan pemerintahan yang biasanya digelar di hotel-hotel berbintang di Kota Tasikmalaya, kini bisa dilakukan di Singaparna.

General Manager Alhambra, Hobir Supriatna, mengatakan, bangunan hotel yang memiliki konsep The Great Islamic Kingdom ini mengadopsi Istana Alhambra di Spanyol.

"Lantas kenapa konsepnya The Great Islamic Kingdom. Karena Kabupaten Tasikmalaya memiliki kultur religius Islami yang kental. Dibuktikan dengan keberadaan ratusan pesantren," kata Hobir.

Fasilitas hotel memiliki tematik dongeng 1001 malam. Seperti dongeng Pirates, Aladin dan lainnya. “Untuk menguatkan kesan itu, di atas bangunan didirikan kubah. Kemudian suasana di dalam kamar juga seperti di negeri dongeng,” papar Hobir.

Makanan yang tersedia, tak hanya khas Asia dan Indonesia, tapi juga yang wajib ada yaitu sajian khas Timur Tengah seperti nasi biryani, nasi kebuli dan lainnya. Semuanya dikolaborasikan dengan ciri khas lokal Sunda.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut