get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Minggu 19 Mei 2024: Siang Hari Cerah Berawan

OJK Tasikmalaya: Kasus Pinjol di Priangan Timur Meningkat, 42 Persen Guru Jadi Korban, Ini Sebabnya

Kamis, 07 September 2023 | 09:11 WIB
header img
Plt Kepala OJK Tasikmalaya Misyar Bonowisanto (kanan) saat menjelaskan tentang kasus Pinjol di Priangan Timur. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kasus Pinjol yang merugikan konsumen masih menjadi permasalahan serius di Indonesia, khususnya di wilayah Priangan Timur

Meskipun tindakan keras telah diambil untuk menghentikan operasi Pinjol ilegal, tapi masih banyak orang yang menjadi korban, termasuk guru, ibu rumah tangga, dan bahkan mereka yang terkena dampak PHK.

Menurut Plt. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Misyar Bonowisanto, hingga saat ini telah ada sekitar 5000 Pinjol ilegal yang berhasil dihentikan operasionalnya. 

"Meski OJK telah memantau 102 Pinjol yang legal, keberadaan Pinjol ilegal masih menjadi ancaman serius," ujar Misyar, Rabu (6/9/2023).

Keironisannya terletak pada fakta bahwa banyak guru dan ibu rumah tangga menjadi korban Pinjol ilegal. Sementara PHK di tengah pandemi juga membuat banyak orang cenderung mencari dana darurat melalui Pinjol. 

Misyar Bonowisanto menggarisbawahi pentingnya literasi keuangan dalam melindungi masyarakat dari praktik Pinjol ilegal. 

Meskipun guru memiliki pengetahuan, mereka tetap terjebak dalam perangkap Pinjol ilegal karena berbagai faktor, di antaranya gaya hidup konsumtif dan kesempatan untuk mendapatkan dana dengan cepat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut