get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Jumat 17 Mei 2024: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Kepala BI Tasikmalaya : Tren Halal Lifestyle, Prospek Ekonomi Islam Global Akan Sangat Berkembang

Senin, 04 September 2023 | 21:54 WIB
header img
Kepala BI Tasikmalaya : Seiring tren halal lifestyle, prospek ekonomi Islam global akan sangat berkembang tahun 2024. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Aswin Kosotali, mengungkapkan, prospek ekonomi islam global akan sangat berkembang pada tahun 2024.

"Data dari Global Islamic Economy Report (GIER) menunjukkan bahwa  prospek ekonomi Islam global akan sangat berkembang pada tahun 2024," kata Aswin, Senin (04/09/23).

Hal itu, ungkap Aswin, seiring dengan tren halal lifestyle saat ini yang diterapkan oleh masyarakat di berbagai negara di dunia.

Terkait hal itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya menyelenggarakan Road to Fesyar 2023 yang dilaksanakan pada 1 - 3 September 2023 di Plaza Asia.

Road To Fesyar merupakan kegiatan untuk mendukung Digital Economy and Sharia Festival Jawa Barat, Festival Ekonomi dan Syariah Jawa, serta International Sharia Economic Festival.

Road to Fesyar sendiri mengusung tema “Memperkuat Halal Lifestyle untuk mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Inklusif”.

Aswi melanjutkan, program pengembangan ekonomi syariah oleh Bank Indonesia sendiri, mengacu pada tiga pilar yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah serta penguatan riset asesmen dan edukasi.

"Program ini diharapkan mampu memperkuat posisi Indonesia, khususnya di Priangan Timur, dalam pengembangan ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Aswin.

Disinergikan dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) khususnya pada topik halal value chain sektor pertanian, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah sekaligus menjaga stabilitas harga (inflasi).

Aswin mengungkapkan, berbagai program pengembangan ekonomi syariah telah dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya.

"Sampai dengan triwulan III 2023, telah dilakukan pengembangan kemandirian ekonomi pesantren di 33 pesantren, seperti pengembangan sektor pertanian terpadu berbasis teknologi digital," kata Aswin.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut