get app
inews
Aa Read Next : Harga Jual Cengkeh Tingkat Petani di Tasikmalaya Cenderung Stabil

Dosen FAI dan FIK Unsil Tasikmalaya Gelar Kelas Gizi Rematri di Ponpes Cipasung: Cegah Santri Anemia

Minggu, 16 Juli 2023 | 06:09 WIB
header img
Dosen FAI dan FIK Unsil Tasikmalaya Gelar Kelas Gizi Rematri di Ponpes Cipasung: Cegah Santri Anemia. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

Dikatakan Asep, berbagai studi yang telah dilakukan di ponpes menunjukkan adanya kejadian anemia di kalangan santri terutama santriwati yang merupakan remaja putri. Lanjut Asep, Ponpes Cipasung termasuk ponpes ternama dan terbesar di Kabupaten Tasikmalaya, yang mana di sini memiliki jumlah santri yang cukup banyak dan sebagaimana pesantren pada umumnya didominasi oleh usia remaja yang rentan terhadap permasalahan gizi.

"Bagaiamana posisi wc-nya, bagaimana misalkan tempat-tempat wudhu-nya, terutama kalau kita sudah menerapkan aturan. Nah ini bagaimana disiplinnya,” ungkap Asep.

“Hasil diskusi dengan para mitra, diperoleh kesepakatan bahwa model kegiatan  PbM-PPKM yang dilakukan adalah edukasi terkait pengetahuan dan pemenuhan gizi serta tata cara menghitung stautus gizi saat remaja terutama untuk remaja putri yan merupakan santriwati di pondok pesantren," sambungnya.

Asep berharap dengan kegiatan ini, para ustaz dan ustazah bisa memberikan pemahaman mengenai kedisiplinan kepada para santri dan santriwatinya, baik pola maka ataupun pola istirahatnya. "Dalam anemia ini harus cukup istirahat, dan pola makan itu harus teratur," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut