get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Kamis 4 Juli 2024: Pagi Hari Berawan Tebal

Dosen FAI dan FIK Unsil Tasikmalaya Gelar Kelas Gizi Rematri di Ponpes Cipasung: Cegah Santri Anemia

Minggu, 16 Juli 2023 | 06:09 WIB
header img
Dosen FAI dan FIK Unsil Tasikmalaya Gelar Kelas Gizi Rematri di Ponpes Cipasung: Cegah Santri Anemia. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) bersama Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, menggelar Pengabdian bagi Masyarakat skema Program Peningkatan Kesehatan Masyarakat (PbM-PPKM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung Tasikmalaya, Jumat (14/7/2023). Pelaksana tim PbB-PPKM di antaranya Asep Saepulloh, Joni, Rian Arie Gustaman, dan Andik Setiyono.

Pada kesempatan tersebut, Tim PbM-PPKM Unsil Tasikmalaya memberikan penyuluhuan mengenai Kelas Gizi Rematri yaitu terkait Strategi Cegah Anemia pada santriwati di pondok pesantren (ponpes).

"Nah ini juga bagaimana supaya tidak terjadi anemia. Sebenarnya masih banyak lagi factor-faktor yang lain yang perlu kita perhatikan," ucap Kapus PbM, Asep Saepulloh.

Ia menambahkan, anemia merupakan masalah gizi yang paling sering dijumpai dan mempengaruhi sekitar 2 miliar populasi di dunia yang berakibat pada perkembangan sosial dan ekonomi. Di Indonesia, anemia juga menjadi salah satu masalah kesehatan utama yang dihadapi oleh remaja di Indonesia.

"Kenapa ada yang kekurang darah? Ada yang misalkan hemoglobinnya kurang dan yang lain-lain. Itu karena memang kondisinya, ini bagaimana nanti cara pengaturan makannya, apalagi kalau suhu-suhu yang kurang menunjang itu bisa menimbulkan anemia juga," ucapnya.

“Kenapa yang diundang ustaz dan ustazahnya, tidak santrinya. Karena mereka yang lebih mengetahui situasi di ponpes. Sehingga nanti mereka akan mengcover, nantinya akan mengetahui kondisi yang sebenarnya. Mereka itu bisa mengatur santri atau santriwatinya," lanjutnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut