get app
inews
Aa Read Next : Buang Sampah Sembarangan, 2 Warga Kota Tasikmalaya Divonis Denda Rp200 Ribu

Umat Muslim di Kota Tasikmalaya Shalat Idul Adha di Masjid Agung, Cheka: Semangat Keikhlasan

Kamis, 29 Juni 2023 | 10:55 WIB
header img
Umat Muslim di Kota Tasikmalaya Shalat Idul Adha di Masjid Agung, Cheka: Semangat Keikhlasan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Umat muslim di Kota Tasikmalaya memadati Masjid Agung Tasikmalaya untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023).

Meski cuaca dalam keadaan hujan, tidak menyurutkan niat mereka untuk melaksanakan shalat Idul Adha 2023 di Masjid Agung Tasikmalaya.

Pantau di lapangan, shalat Idul Adha di Masjid Agung Tasikmalaya dimulai sekitar pukul 06.15 WIB. Namun, sejak pukul 05.00 WIB, masyarakat dari berbagai pelosok kota sudah berdatangan memasuki Masjid Agung Tasikmalaya.

"Alhamdulilah, semua berjalan dengan lancar dan khusuk, meski cuaca dalam keadaan diguyur hujan, masyarakat terlihat membludak sampai ke luar ke halaman Masjid Agung," ucap DKM Masjid Agung Kota Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan, warga Kota Tasikmalaya bisa memaknai Idul Adha 2023 ini dengan semakin menjaga keikhlasan serta terus semangat dalam berkurban.

"Terima kasih atas partisipasi masyarakat, alhamdulilah, hari ini kita melaksanakan Idul Adha, yang mana maknanya semangat di Idul Adha ini semoga kita bisa semakin menjaga keikhlasan, terus juga semangat berkurban, tidak hanya bagi diri sendiri tapi bagi semua," kata Cheka. 

Selain itu, Cheka juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanjatkan doa untuk warga Kota Tasikmalaya yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Arab Saudi.

"Mari kita doakan keluarga kita khususnya bagi warga Kota Tasikmalaya yang saat ini sedang menjalankan ibadah haji, semoga mereka di sana (tanah suci) diberikan kelancaran, dan kesehatan sehingga bisa kembali ke tanah air dengan kondisi baik-baik saja," ucapnya. 

Dikatakan Cheka, Pemkot Tasikmalaya bersama seluruh pihak terkait sudah berupaya melakukan pengecekan di seluruh tempat penjual hewan. Hal itu untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih oleh masyarakat aman untuk dikonsumsi.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak perlu khawatir dalam berkurban. Pemkot Tasikmalaya bersama seluruh pihak termasuk forkopimda telah berupaya menekan penyebaran penyakit PMK," tegasnya. 

"Alhamdulilah berkat kerja sama, baik pihak swasta, forkopimda, dinas kesehatan tidak menemukan lagi PMK pada hewan kurban," lanjutnya. 

Usai melaksanakan shalat Idul Adha, Pemkot Tasikmalaya langsung menyerahkan 2 ekor sapi kr DKM Masjid Agung Kota Tasikmalaya untuk didistribukan kepada masyarakat.

"Tadi 2 ya dari pemkot, mudah mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Tasikmalaya," pungkasnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut