get app
inews
Aa Read Next : Polisi Cari Barang Bukti Kematian Perempuan dalam Karung di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya

Halal Bihalal Polres Tasikmalaya: Jalin Sinergitas untuk Kondusifitas

Selasa, 30 Mei 2023 | 08:37 WIB
header img
Halal Bihalal Polres Tasikmalaya: Jalin Sinergitas untuk Kondusifitas. Foto: Humas Polres Tasikmalaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Polres Tasikmalaya gelar halal bihalal dengan para ulama, da’i kamtibmas, dan Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan halal bihalal tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Tasikmalaya, Senin (29/5/2023).

Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Heryanto mengatakan, halal bihalal ini sebagai ajang silaturahmi dan menjalin sinergitas antara kepolisian dengan alim ulama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan juga TNI, guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Awalnya kami akan laksanakan halal bihalal ini seusai Idul Fitri kemarin, tapi karena berbagai kesibukan dan hal lainnya, sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini,” kata Suhardi.

"Ini tentu berkat dari kerja sama dengan semua pihak, antara Forkopimda, TNI-Polri, pemda, dan juga para ulama, tentunya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Tasikmalaya bisa kondusif dan sinergitas terjalin dengan baik,” sambungnya.

Suhardi menuturkan, peran da'i kamtibmas tentunya sangat membantu dalam situsi pemeliharaan kamtibmas di wilayaah hukum Polres Tasikmalaya, terlebih menjaga kamtibmas tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

"Kami tentunya sangat berterima kasih, peran da’i kamtibmas ini sangat penting termasuk nanti dalam menjelang tahun politik 2024," ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) KH Zaenal Mustafa Sukahideung, KH. Acep Tohir, mengapresiasi kegiatan bertajuk silaturahmi dan halal bihalal tersebut. Menurutnya, Polri dalam hal ini Polres Tasikmalaya dalam menjaga kamtibmas mengalami kemajuan yang cukup membanggakan.

"Di mana da'i kamtibmas merupakan salah satu bentuk kesalehan dari Kepolisian RI, untuk meminta bantuan dan bermitra dalam rangka membina masyarakat dan itu positif, karena memang dianjurkan oleh Alquran. Bahwa kita harus saling tolong menolong dan bekerja sama dalam kebaikan," kata KH Acep.

Dirinya berpesan, da'i kamtibmas bukan hanya melakukan rutinitas tugas negara, tapi juga hendaknya bernilai ibadah. Hal itu akan lebih bernilai dan berharga. "Itu yang lebih penting, sebab tanggungjawabnya bisa lebih besar karena berhubungan dengan keimanan serta keislaman," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen turut mengapresiasi kegiatan silaturahmi dan halal bihalal yang dilaksanakan oleh Polres Tasikmalaya. Ia menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dapat menguatkan dan menumbuhkan nilai-nilai yang sudah dibangun sebelumnya menjadi lebih kuat.

Ia mengaku, Pemkab Tasikmalaya sangat membutuhkan investasi sehingga dengan situasi kamtibmas yang kondusif dapat memberikan rasa aman kepada para investor.

"Sebab mana mungkin investasi tumbuh jika situasi daerahnya tidak kondusif. Dengan da'i kamtibmas, kami rasa akan terbangun komunikasi yang lebih baik, sehingga dengan komunikasi yang baik, silaturahmi yang baik, maka insyallah semua akan berjalan dengan baik," kata Zen.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut