get app
inews
Aa Read Next : 4 Arti Mimpi Gempa Bumi di Rumah Menurut Primbon, Pertanda Baik atau Buruk?

Pj Wali Kota Tasikmalaya Pimpin Simulasi Penanganan Bencana, Ini yang Harus Dilakukan Saat Gempa

Rabu, 17 Mei 2023 | 08:52 WIB
header img
Pj Wali Kota Tasikmalaya Pimpin Simulasi Penanganan Bencana di Asia Plaza, Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah pimpin simulasi penanganan bencana yang digelar oleh BPBD Kota Tasikmalaya di Asia Plaza Tasikmalaya, Selasa (16/5/2023).

Sebelum pelaksanaan simulasi, terlebih dulu dilakukan apel kesiapsiagaan bencana. Kegiatan ini juga sebagai peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2023 tingkat KotaTasikmalaya. 

Dalam sambutannya, Cheka mengatakan, Indonesia merupakan negara yang berada di jalur gempa teraktif karena dikelilingi oleh cincin api Pasifik (Ring of Fire).

Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana. Hal ini menuntut masyarakat untuk tanggap terhadap bencana.

“Melalui kegiatan apel puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tingkat Kota Tasikmalaya tahun 2023 ini, diharapkan mampu memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Tasikmalaya, untuk lebih memahami upaya apa saja yang harus dilakukan dalam mitigasi bencana,” kata Cheka.

Diketahui, gempa bumi adalah peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti kapan terjadinya. Saat gempa terjadi, keselamatan diri dan orang-orang di sekitar harus menjadi prioritas utama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus diambil atau dilakukan untuk menjaga keselamatan saat terjadi gempa bumi.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi? Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi yang dirangkum iNewsTasikmalaya.id dari berbagai sumber, Rabu (17/5/2023).

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Ketika terjadi gempa bumi, sangat penting untuk tetap tenang dan menjaga ketenangan pikiran. Panik hanya akan mempersulit kemampuan kita untuk berpikir jernih dan mengambil tindakan yang tepat. Berusaha untuk tenang akan membantu kita dalam menghadapi situasi yang darurat ini.

2. Cari Tempat Perlindungan yang Aman

Jika kita berada di dalam bangunan ketika gempa terjadi, carilah tempat perlindungan yang aman. Hal ini dapat dilakukan dengan berlindung di bawah meja yang kokoh atau berdiri di bingkai pintu yang kuat. Hindari jendela, kaca, atau benda-benda berat yang dapat jatuh dan menyebabkan cedera. Jika kita berada di luar ruangan, carilah area terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, atau pohon yang dapat roboh.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut