get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sholat Kabupaten Tasikmalaya dan Sekitarnya Hari Ini, Senin 20 Mei 2024

Polsek Sukaratu Bantu Evakuasi Mobil Wisatawan yang Mogok di Tanjakan ke Kawah Gunung Galunggung

Selasa, 25 April 2023 | 17:33 WIB
header img
Polsek Sukaratu Bantu Evakuasi Mobil Wisatawan yang Mogok di Tanjakan ke Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Personel Polsek Sukaratu Polres Tasikmalaya Kota mengevakuasi mobil wisatawan yang tidak kuat menanjak dan mogok di jalan yang menuju ke Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya

Dengan menggunakan mobil patroli, mobil wisatawan yang mogok diderek lokasi yang aman sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di kawasan tempat wisata Kawah Gunung Galunggung

"Mau naik ke lokasi kawah tangga kuning Galunggung rupanya rem blong, bocor oli jadi sempat mundur lagi," kata Kapolsek Sukaratu AKP Mahmud Darmana, Selasa (25/4/2023).

Menurutnya, mobil Daihatsu Taruna itu membawa 5 orang penumpang dan hendak ke kawah melalui jalur ke tangga kuning. 

"Wisatawan dari Jakarta, mereka sedang berkunjung ke temannya di daerah Cimala, Sukaratu, dan main ke Gunung Galunggung," ujarnya. 

Ia menuturkan, selama pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023, pihaknya melakukan pengamanan dan pelayanan di tempat wisata Gunung Galunggung untuk memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Alhamdulillah, semua penumpang mobil yang mogok selamat. Kami laksanakan patroli untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan," tuturnya. 

Sementara itu, Site Manager Priangan PT Palawi yang membawahi tempat wisata Gunung Galunggung, Sumarsono mengatakan, saat dirinya sedang mengecek pengunjung ke kawasan kawah, ada mobil wisatawan yang mogok dan sempat mundur lagi. 

"Kebetulan saya lagi ngecek ke atas, ada mobil yang mogok. Mesinya mati dan remnya blong. Mobil mundur lagi dan hanya memggunakan rem tangan," kata Sumarsono. 


Polsek Sukaratu Bantu Evakuasi Mobil Wisatawan yang Mogok di Jalan ke Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya. Foto: Istimewa

Menurutnya, ban mobil belakang sebelah kiri nyaris masuk ke gorong-gorong saluran air. Pihaknya kemudian segera mengganjalnya karena khawatir kalau mundur lagi bisa terjerumus ke saluran air. 

"Saya langsung telepon petugas yang ada di pos tiket masuk, kebetulan ada petugas Polhut dan Polsek Sukaratu yang sedang stay di sana. Dengan mobil patroli polisi, mobil ditarik ke lokasi parkir kebun pakis," jelasnya. 

Sumarsono menuturkan, sejauh ini situasi di kawasan tempat wisata Gunung Galunggung masih aman dan lancar. Ia memastikan, lokasi wisata alam yang dikelola PT Palawi ini aman untuk dikunjungi wisatawan menikmati libur Lebaran 2023. 

"Alhamdulillah, sampai saat ini sangat-sangat aman. Kami juga sangat berterima kasih kepada petugas dari polhut dan Polsek Sukaratu yang telah membantu menjaga keamanan di kawasan tempat wisata Gunung Galunggung," pungkasnya. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut