get app
inews
Aa Read Next : H-4 Lebaran, Terminal Tipe A Kota Banjar Sepi Pemudik

Pemeriksaan Armada Angkutan Lebaran di Terminal Indihiang Tasikmalaya, Beberapa Bus Tidak Laik Jalan

Kamis, 13 April 2023 | 15:03 WIB
header img
Pemeriksaan Armada Angkutan Lebaran di Terminal Indihiang Tasikmalaya, Beberapa Bus Tidak Laik Jalan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idPolres Tasikmalaya Kota bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya dan Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan armada angkutan lebaran di Terminal Indihiang, Kamis (13/4/2023).

Dalam pemeriksaan armada lebaran tersebut, petugas mendapati beberapa armada yang dinyatakan tidak laik jalan sehingga tidak boleh berangkat dan digantikan dengan armada yang lain.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah yang turut menyaksikan pengecekan kendaraan di Terminal Indihiang mengatakan, informasi yang diperolehnya bahwa arus mudik tahun ini di seluruh Indonesia diperkirakan akan terjadi pergerakan orang sekitar 123.800 juta jiwa.

“Dari jumlah itu, 18 persennya masuk dari Jabodetabek dan masuk ke Jawa Barat itu sekitar 16 persen termasuk ke Priangan Timur. Dari jumlah itu sekitar 154 ribu masuk ke Priangan Timur,” kata Cheka.

Menurutnya, dengan meningkatnya pergerakan orang di musim mudik lebaran tentunya harus dipersiapkan segala sarana dan prasana yang menunjang dalam pengamanan mudik.

“Kita harus lebih siap karena jumlahnya cukup banyak. Dari proses itu, kita harus siap juga tentang pengecekan armada angkutan, mulai dari rem, sistem kemudi, ban, dan lainnya,” ucapnya.

Ia menyebut, dalam pengecekan armada angkutan lebaran di Terminal Indihiang, ditemukan adanya armada yang tidak laik jalan.  

“Tadi ada beberapa armada yang ditunda keberangkatannya dan diganti. Selain pengecekan kendaraan, kita juga lakukan tes kesehatan dan tes urine untuk awaknya. Sejauh ini semuanya sehat-sehat saja,” jelas Cheka.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut