get app
inews
Aa Read Next : Rumah Janda di Cimaragas Ciamis Ambruk Nyaris Rata dengan Tanah

Jalur Pendakian ke Puncak Galunggung Lewat Curug Cimedang Tidak Resmi

Senin, 06 Februari 2023 | 22:35 WIB
header img
Jalur Pendakian ke Puncak Galunggung Lewat Curug Cimedang Tidak Resmi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

Ia menuturkan, memang ada jalur resmi untuk ke puncak kawah purba Gunung Galunggung. Namun, jalur tersebut tidak dibuka untuk umum karena untuk menjaga kelestarian alam.  

“Ada memang jalur resmi. Kalau mau ke puncak lewat dinding ari memang harus ada pendamping yang tahu jalur atau guide. Tapi gak dibuka untuk umum juga untuk menjaga kelestarian alam,” ucapnya.

Obing menambahkan, saat ini sedang tren mendaki gunung itu tektokan atau pulang pergi, tidak ngecam. Sehingga perbekalan yang dibawa hanya cukup untuk sehari itu saja.

“Sekarang itu lagi musim mendaki tektokan, jadi tidak menginap. Sepertinya yang kemarin itu memang awalnya tektokan tapi kemalaman dan perbekalannya cuma untuk sehari. Dan saat turun tidak tahu jalur,” ucapnya.

Dengan peristiwa tersesatnya lima pendaki di puncak Gunung Galunggun, Obing berharap, kejadian ini jadi pembelajaran untuk semua para pecinta alam saat melakukan pendakian ke gunung.

“Alhamdulillah ya semuanya selamat. Ini harus jadi perhatian untuk semuanya. Kalau mau naik ya setidaknya ada yang tahu jalur lah atau guide,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, lima pendaki tersesat saat mendaki puncak Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (5/2/2023) malam.

Kelima pendaki tersebut terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan. Mereka mulai mendaki dari Curug Cimedang, Sabtu (4/2/2023) dan tiba di puncak dinding ari Gunung Galunggung sekira pukul 18.30 WIB.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut