Pengabdian Masyarakat STIKes Muhammadiyah Ciamis, Berikan Layanan Konsultasi Kesehatan Ibu Hamil

Heru Rukanda
.
Kamis, 24 November 2022 | 21:14 WIB
Pengabdian Masyarakat STIKes Muhammadiyah Ciamis, Berikan Layanan Konsultasi Kesehatan Ibu Hamil. Foto: Ist

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Dosen dan mahasiswi dari Program Pendidikan (Prodi) D3 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis, melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan di Puskesmas Ciamis, Kecamatan/ Kabupaten Ciamis, Kamis (24/11/2022).

Salah seorang dosen prodi D3 Kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis, Metty Nurherliyany SST., M.Pd., M.Tr.Keb di dampingi dosen lainnya, Dini Ariani, SST., M.Tr.Keb, mengatakan, pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi, selain dari pendidikan dan penelitian.

“Pengabdian masyarakat kali ini mengusung tema ‘Aspek sosial budaya pada masa kehamilan, persalinan dan nifas di Puskesmas Ciamis’,” kata Metty.

Menurutnya, pengabdian masyarakat ini sekaligus memberikan ilmu pengetahuan kepada ibu-ibu pada masa kehamilan, persalinan dan nifas yang ada di lingkungan kerja Puskesmas Ciamis.

“Kami bekerjasama dengan pihak Puskesmas Ciamis dalam menshare ilmu kepada ibu-ibu terutama yang sedang melakukan pemeriksaan kehamilan di puskesmas,” ujarnya.

“Jadi ketika sedang melakukan pemeriksaan, kami memberikan penyuluhan masa kehamilan maupun komunikasi lainnya. Alhamdulillah ibu-ibu sangat antusias ya dan kebetulan memang sedang jadwalnya USG,” sambungnya.

Metty menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswi kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis ini juga sebagai upaya dari perguruan dalam membantu pemerintah dalam menekan atau mengurangi angka kematian ibu (AKI) dan anak pada masa kehamilan maupun persalinan.

“Kita juga berikan konsultasi kesehatan mengenai kehamilan, persalinan, nifas, dan nutrisi. Harapan kami tentunya selain melaksanakan kewajiban tri dharma perguruan tinggi, tentunya ingin berkontribusi dalam membantu program-program kesehatan dari pemerintah,” tuturnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini