get app
inews
Aa Read Next : Job Fair SMK Taruna Bangsa Ciamis Diserbu Alumni

Inilah Alumni Sukses Universitas Lampung, Ada Penulis Buku, Polisi, Politikus hingga Pejabat Negara

Kamis, 25 Agustus 2022 | 08:14 WIB
header img
Inilah Alumni Sukses Universitas Lampung, Ada Penulis Buku, Polisi, Politikus hingga Pejabat Negara. (Foto: Dok. MNC Portal)

3. H. Umar Ahmad

H. Umar Ahmad adalah alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung angkatan 2004. Dia adalah Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat yang menjabat dari 2011. Sebelumnya, dia adalah wakil bupati yang berpasangan dengan bupati Bachtiar Basri.

Di kalangan aktifis kampus Universitas Lampung, nama Umar Ahmad sudah banyak dikenal. Dia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unila.

Kemudian secara berturut-turut dia menjadi Sekretaris Asosiasi Pertanian Ubi Kayu Lampung serta Ketua Bidang di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bandar Lampung.

Di dunia politik, Umar Ahmad dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Tulang Bawang sebelum pemekaran wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tulang Barat.

4. Alimin Abdullah

Alumni sukses Universitas Lampung lainnya adalah Alimin Abdullah. Dia merupakan ahli perminyakan yang terjun ke dunia politik. Alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung tahun 1968–1972 ini dikenal aktif dalam berbagai kegiatan organisasi.

Alimin Abdullah masuk dalam tim persiapan pembentukan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI). Pada saat ini IATMI memiliki lebih dari 2.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan 12 negara di seluruh dunia.

Dia juga memprakarsai berdirinya PT. BPR Amal Salman yang lebih dikenal dengan nama BPR Al Salaam 9 Oktober 1991 yang ditujukan untuk membantu perekonomian masyarakat.

Karier politik Alimin Abdullah dimulai ketika bergabung menjadi anggota Partai Amanat Nasional (PAN). Setelah menjadi Bendahara Umum DPP PAN pada 2004-2005, dia menjabat sebagai Ketua DPP PAN Badan Kepemudaan dan Olah Raga (Bapora) 2005-2010 dan menjabat sebagai anggota legislatif Komisi VII dari fraksi Partai Amanat Nasional periode 2009–2014.

5. Komisaris Besar (Kombes) Rudy Heriyanto Adi Nugroho

Komisaris Besar (Kombes) Rudy Heriyanto Adi Nugroho adalah seorang Dirkrimum pertama dari non-Akpol. Pria kelahiran Jakarta, 17 Maret 1968 ini tercatat sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Lampung dengan predikat cumlaude.

Rudy bertugas selama 16 tahun di Divisi Hukum Polri dan melayani 11 Kapolri dan itu membuat pengetahuan dan kepiawaian Kombes Rudy Heryanto Adi Nugroho dibidang hukum semakin baik.

Tak heran jika dia sering disebut sebagai advokatnya Kapolri. Pada 2021, dia didaulat Kapolri Jenderal Tito Karnavian (saat itu), sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya dan menjadi Dirkrimum pertama yang berasal dari non-AKPOL.

Sebelumnya, ia dipercaya menjadi Kapolres Cimahi 2010 dan membawa jajarannya meraih Anugerah Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut