get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Sabtu 18 Mei 2024: Siang Hari Cerah Berawan

Kisah Rina Marlina, Atlet Para Bulutangkis Asal Tasikmalaya Sempat Jadi ART dan Tukang OJek

Kamis, 04 Agustus 2022 | 09:47 WIB
header img
Kisah Rina Marlina, Atlet Para Bulutangkis Asal Tasikmalaya Sempat Jadi ART dan Tukang OJek. (Foto: pbdjarum)

Dari kerjanya menjadi wasit, Rina mendapatkan upah sebesar Rp2.000. Dia datang ke gor sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB dan menjadi wasit di lapangan.

“Saya main bulutangkis dari 2010. Awalnya saya dulu sempat jadi wasit di kampung, karena rumah saya dekat dengan GOR Bulutangkis. Waktu itu niatnya biar ada uang jajan saja, lumayan kalau sekali ngewasitin dapat 2 ribu rupiah. Dari jam 11 pagi sampai jam 7 malam saja saya terus di lapangan buat ngewasitin,” ujar Rina.

Rina menjelaskan, saat orang-orang beristirahat, dia mencoba bermain bulutangkis dan ternyata seru. Namun, lantaran tak punya uang untuk membeli raket, dia pun menggunakan piring seng untuk bermain bulutangkis bersama teman-temannya.

“Akhirnya ibu saya nggak tega melihat saya, jadinya saya dibelikan raket oleh ibu saya. Dari situ jadi rutin main sama orang-orang di kampung, bareng ibu-ibu dan kadang bapak-bapak,” kenang Rina.

Karena sering latihan, skill dan kemampuan Rina pun menjadi terasah. Dengan modal kemampuannya bermain bulutangkis, dia pun kerap diajak bermain dari satu gor ke gor lainnya tanpa diminta membayar sepeserpun. Dari situ, Rina bertemu dengan seorang atlet para bulutangkis, Uku Rukaendi.  

“Terus saya sering main dari gor ke gor di Tasikmalaya, dan saya modal bisa main bulutangkis saja, nggak modal keluar uang. Akhirnya saya ikut turnamen yang normal. Terus ketemu saya Pak Ukun Rukaendi tahun 2018. Awalnya saya masih belum ngerti apa NPCI itu. Akhirnya saya dijelasin dan langsung tertarik,” jalas Rina.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut