get app
inews
Aa Read Next : 4 Ton Beras Habis Terjual dalam 3 Jam di Bazar Belanja Murah di Ciamis

Pemkab Ciamis Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:10 WIB
header img
Pemerintah Kabupatean Ciamis meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dengan Kategori Madya (pengembang). (Ist)

CIAMIS, iNews.id - Pemerintah Kabupatean (Pemkab) Ciamis meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dengan Kategori Madya (pengembang). Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) tersebut, diumumkan dalam acara Anugerah APE 2020 yang digelar secara virtual, Rabu (13/10/2021).

Penghargaan APE diraih oleh Pemda Ciamis lantara telah berkomitmen penuh dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan, serta memenuhi kebutuhan hak anak. Sekaligus, berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, Pemkab Ciamis berkomitmen penuh dalam melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender, sesuai Amanat Presiden No.9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

"Ini (penghargaan) merupakan bentuk pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG). Kami, sangat mengapresiasi Kementerian PPPA dalam menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya 2021," ujar Herdiat dalam keterangan resminya, Rabu, 13 Oktober 2021.

Herdiat mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi, bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Tatar Galuh Ciamis. 

"Kesetaraan gender bukanlah persaingan antara dua lawan jenis, laki-laki dan perempuan. Namun, keduanya dapat memiliki aksesibilitas yang sama terhadap sumber daya, serta mampu berpartisipasi sekaligus terlibat penuh dalam proses pembangunan tanpa pembatasan. Sehingga, kesetaraan gender di masyarakat menjadi lebih baik dan terhindar dari bentuk kekerasan apapun," kata dia. 

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). 

“PUG merupakan indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut