Mengenal Umbut Langkap, Makanan Tradisional Khas Kampung Siluman Kota Banjar

Budiana Martin
Mengenal Umbut Langkap, Makanan Tradisional Khas Kampung Siluman Kota Banjar. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

Meskipun dapat dimakan langsung, Umbut Langkap lebih enak jika dimasak terlebih dahulu. Selain diolah menjadi gudeg atau oseng-oseng, umbut ini juga bisa dijadikan sayur, rendang, atau bumbu gulai. 

Menariknya, tanaman ini mudah ditemukan di hutan sekitar kampung dan tersedia dalam jumlah yang cukup melimpah.

"Asalkan tidak diambil secara berlebihan, Umbut Langkap akan tetap tumbuh subur. Kami di sini sangat menjaga kelestarian tanaman ini agar bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat," jelas Emed.

Kini, Umbut Langkap telah diakui sebagai makanan tradisional khas Kampung Siluman dan bahkan mendapatkan pengakuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati, telah menerima Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) tahun 2024 di bidang Pengetahuan Tradisional untuk Umbut Langkap Pulo Majeti.

Sertifikat tersebut diserahkan pada Selasa, 23 September 2024, di Alam Santosa, Kawasan Ekowisata dan Budaya Jawa Barat, Jalan Pasir Impun Atas, Kabupaten Bandung.

Pengakuan ini merupakan langkah penting dalam melestarikan warisan kuliner Kampung Siluman sekaligus memperkenalkan Umbut Langkap ke masyarakat yang lebih luas.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network