Menikmati Keindahan Bendungan Leuwikeris, Masa Depan Pariwisata Ciamis dan Tasikmalaya

Andri M Dani
Menikmati Keindahan Bendungan Leuwikeris, Masa Depan Pariwisata Ciamis dan Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.idBendungan Leuwikeris, yang mulai dibangun pada tahun 2016, kini telah resmi digunakan setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (29/8/2024).

Proyek besar yang menghabiskan anggaran sekitar Rp3,5 triliun ini terletak di alur Sungai Citanduy, yang menjadi batas alam antara Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak penggenangan Bendungan Leuwikeris dimulai pada Kamis (15/8/2024) dan peresmiannya oleh Presiden Jokowi pada Kamis (29/8/2024), kawasan ini semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat. Setiap hari, khususnya pada akhir pekan dan hari libur, Bendungan Leuwikeris selalu dipadati oleh pengunjung.

Jujang, pengelola Saung Gawir di Spot Raden Patih, Dusun Guha, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, mengungkapkan bahwa antusiasme pengunjung sangat tinggi.

"Setiap hari, banyak yang berkunjung ke Spot Raden Patih. Pada hari biasa, jumlah pengunjung mencapai sekitar 500 orang, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai seribu orang atau lebih. Pengunjung semakin hari semakin ramai," ujar Jujang, Selasa (10/9/2024).

Seiring dengan penggenangan Bendungan Leuwikeris, berbagai lokasi wisata baru yang menawarkan pemandangan indah dari bendungan ini bermunculan di Desa Ciharalang, Desa Handapherang, dan Kelurahan Cigembor.

Spot-spot seperti Manohara dan Cibungureun, yang berada di tebing Sungai Citanduy, menjadi favorit karena lokasinya yang dekat dengan bangunan utama bendungan.

Di antara spot-spot yang bermunculan, Spot Raden Patih di Dusun Guha Desa Handapherang, dan Spot Sayang Kaak di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, menjadi daya tarik utama dengan area kemping (camping ground) yang menyediakan tenda-tenda untuk bermalam sambil menikmati keindahan dan semilir angin dari Bendungan Leuwikeris.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network