PKS Kembali Dukung Herdiat-Yana di Pilkada Ciamis 2024

Andri M Dani
PKS Kembali Dukung Herdiat-Yana di Pilkada Ciamis 2024. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali menunjukkan dukungannya kepada pasangan Herdiat-Yana (HY) dalam Pilkada Serentak 2024, seperti yang terjadi pada Pilkada Ciamis 2018. 

Dalam Pilkada sebelumnya, PKS merupakan partai pengusung utama bagi pasangan HY. Pada Pilkada 2024 ini, PKS menjadi partai kesembilan yang bergabung dalam Koalisi Ciamis Maju, yang kembali mengusung pasangan HY.

Keputusan PKS untuk mendukung pasangan HY secara resmi disahkan melalui Rekomendasi Persetujuan Parpol KWK (sebelumnya dikenal sebagai SK B1 KWK). 

Surat rekomendasi ini diserahkan langsung oleh Presiden PKS, H. Ahmad Syaiku, kepada pasangan Herdiat-Yana dalam acara konsolidasi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PKS di Tangerang, Banten, pada Selasa (20/8/2024).

Ketua DPD PKS Ciamis, Ustadz Arif Anwar Budiman, mengonfirmasi keputusan tersebut. "Rekomendasi dari DPP PKS sudah diserahkan langsung oleh Presiden PKS di Tangerang kemarin, Selasa (20/8/2024), dan diterima oleh Pak Herdiat," ujar Arif, Rabu (21/8/2024).

Menurut Arif, rekomendasi PKS untuk pasangan HY didasarkan pada usulan dari DPD PKS Ciamis, yang telah melalui proses panjang dengan mempertimbangkan berbagai faktor kemaslahatan. 

Mendekati jadwal pendaftaran pasangan calon ke KPU yang dimulai pada 27 Agustus 2024, pasangan HY telah didukung oleh 9 dari 10 partai politik pemilik kursi di DPRD Ciamis hasil Pileg 2024.

Partai-partai tersebut meliputi Gerindra, Golkar, PAN, NasDem, PKB, PPP, PBB, PDIP, dan yang terbaru, PKS.

Selain itu, pasangan HY juga didukung oleh delapan partai non-parlemen, yakni Partai Ummat, Perindo, Hanura, Garuda, PSI, Partai Buruh, PKN, dan Gelora. 

Dengan dukungan yang begitu luas, hampir dapat dipastikan bahwa Pilkada Ciamis 2024 akan diikuti oleh hanya satu pasangan calon.

Dari 18 partai peserta Pileg di Ciamis 2024, 17 partai sudah bergabung dalam Koalisi Ciamis Maju yang mengusung pasangan petahana HY untuk maju kembali dalam Pilkada Ciamis 2024.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network