Belasan Guru SMK dari Berbagai Daerah di Tanah Air Belajar Beternak Ayam BR di Ciamis

Andri M Dani
Belasan Guru SMK dari Berbagai Daerah di Tanah Air Belajar Beternak Ayam BR di Ciamis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.idKabupaten Ciamis, sebagai salah satu pusat unggulan peternakan unggas di Jawa Barat, kembali menjadi tempat tujuan belajar bagi para guru SMK dari berbagai provinsi di Indonesia untuk memperdalam ilmu tentang peternakan ayam broiler (BR). 

Sebanyak 14 guru dari berbagai SMKN di tanah air menjalani program magang di kandang close house modern di Ciamis. Para peserta magang diterima oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis, Giyatno, dalam sebuah acara yang digelar di Aula Dasa Dharma Kwarcab Pramuka Ciamis pada Senin (19/8/2024). 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Kadin Ciamis dan Komisaris PT Naratas Poultry, H. Adam, Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis H. Nanang Permana, serta Mulyono, dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian (BBPPMPV) Cianjur.

Ketua Panitia Magang, Kuswara Suwarman, menyampaikan, bahwa 14 guru perunggasan ini akan berada di Ciamis selama 12 hari. Mereka akan belajar langsung mulai dari tahap penetasan ayam (breeding), pembesaran di kandang close house modern, hingga proses pasca-panen, termasuk penyembelihan dan penyimpanan di cold storage. 

Kegiatan ini berlangsung di beberapa lokasi, seperti kandang ayam milik CV Tanjung Mulya di Panumbangan dan Naratas di Cikoneng. "Ini merupakan angkatan ketujuh dari program magang industri yang sudah berjalan selama empat tahun terakhir," ujar Kuswara.

Peserta magang terdiri dari guru-guru yang berasal dari berbagai provinsi, antara lain Gorontalo (3 orang), Sumatera Barat (3), Papua (2), Lampung (2), serta masing-masing satu peserta dari NTT, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jambi. Sebelum melaksanakan magang di Ciamis, mereka terlebih dahulu mengikuti pelatihan teori selama 12 hari di BBPPMPV Pertanian Cianjur.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network