Pemkot Tasikmalaya Gelar Upacara Bendera Detik-detik Proklamasi HUT ke-79 RI di Alun-Alun Dadaha

Kristian
Pemkot Tasikmalaya Gelar Upacara Bendera Detik-detik Proklamasi HUT ke-79 RI di Alun-Alun Dadaha. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

Cheka juga mengakui bahwa tantangan masa kini berbeda dari masa lalu. Jika dulu pahlawan berperang melawan penjajah, kini kita berhadapan dengan tantangan teknologi dan keadaan sosial, salah satunya adalah angka kemiskinan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya mengalami penurunan dari 12,72% pada tahun 2022 menjadi 11,53% pada tahun 2023. Pada tahun 2024, angka tersebut kembali turun menjadi 11,10%. 

Cheka menyebut keberhasilan ini sebagai hasil kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat Kota Tasikmalaya.

Selain isu kemiskinan, Cheka juga menyoroti masalah stunting yang masih menjadi ancaman. Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi balita stunting di Kota Tasikmalaya mencapai 27,1%. 

Untuk mengatasi ini, Pemkot melaksanakan program-program seperti Dapur Masyarakat Khusus Anak Stunting (Damaskus).

Cheka juga menjelaskan, beberapa program kolaborasi lainnya seperti Janjian Berbuat Baik (Bageur) yang menyalurkan bantuan kepada 407 penerima manfaat, serta Bakul Tasik, yang bekerja sama dengan hotel dan rumah makan untuk menyalurkan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Sepanjang Januari hingga Agustus 2024, program Bakul Tasik telah menyalurkan 6.118 paket makanan.

Selain itu, Pemkot juga fokus pada pengurangan angka pengangguran terbuka. Data menunjukkan bahwa angka pengangguran di Kota Tasikmalaya pada tahun 2023 turun menjadi 6,55%, dibandingkan 6,62% pada tahun sebelumnya. 

Untuk mengurangi angka tersebut, Pemkot menginisiasi program Hayu Gawe.

Cheka juga memperkenalkan program Gerak Cepat (GeCe) 112, yang bertujuan untuk menangani situasi darurat dan memastikan kehadiran Pemkot di tengah masyarakat.

Cheka menutup pidatonya dengan menyampaikan bahwa berbagai pencapaian pembangunan di Kota Tasikmalaya adalah hasil kerja nyata serta dukungan dari DPRD, Forkopimda, dan seluruh elemen masyarakat. 

Kota Tasikmalaya pun berhasil meraih sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network