Geger Jalan Beraspal di Desa Mandalasari Ditutup Tembok dan Pagar, Pemilik Tanah Berikan Klarifikasi

Indra Sanjaya
Geger Jalan Beraspal di Desa Mandalasari Ditutup Tembok dan Pagar, Pemilik Tanah Berikan Klarifikasi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pemilik tanah yang viral karena menutup jalan sementara di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, dengan menembok dan memasang pagar besi, memberikan klarifikasi.

Pemilik tanah,Hasanudin menjelaskan, bahwa penutupan jalan ini disebabkan oleh belum adanya kesepakatan dengan pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Puspasari terkait aturan sewa lahan. 

Selain itu, mereka khawatir bahwa penggunaan jalan oleh kendaraan secara terus-menerus dapat memperparah pergerakan tanah, yang dapat mengancam rumah dan keselamatan mereka.

Akses jalan tersebut dibangun di atas lahan hak milik beberapa tahun yang lalu. Jalan ini merupakan akses sementara karena jalan utama yang menghubungkan tiga kedusunan amblas akibat longsor.

Pemerintah telah melakukan upaya perbaikan, namun karena kondisi tanah yang labil, akses jalan arah Sagulung - Cikurantung kembali amblas dan longsor, terutama saat musim hujan.

"Alasannya, jalan tersebut sudah amblas. Kalau terus dipakai, dilewati mobil besar, kondisi tanah labil dan rawan. Di bawah jalan juga sudah hancur," kata Hasanudin kepada iNewsTasikmalaya.id, Selasa (2/7/2024).

Hasanudin menambahkan, bahwa tanah tersebut sudah beberapa kali longsor. Ia berharap pemerintah segera memperbaiki jalan yang amblas.

"Tanah terus bergerak. Longsor pertama kali terjadi pada 2020, dan terakhir empat hari lalu, Sabtu (29/6/2024) malam," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network