Mengenal Sosok Iptu Jajat Jatnika, Kapolsek Tanjungjaya Tasikmalaya yang Hobi Bonsai

Kristian
Mengenal Sosok Iptu Jajat Jatnika, Kapolsek Tanjungjaya Tasikmalaya yang Hobi Bonsai. Foto: Istimewa

"Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan dalam pot dangkal untuk membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Seni ini mencakup berbagai teknik pemotongan, pemangkasan, dan pembentukan cabang serta akar dengan kawat," jelasnya.

Menurut Jajat, pembuatan bonsai memakan waktu lama dan melibatkan berbagai pekerjaan seperti pemupukan, pemangkasan, penyiraman, dan penggantian pot serta tanah. 

"Tanaman adalah makhluk hidup, dan tidak ada bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi. Perubahan yang terjadi terus-menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam adalah salah satu daya tarik bonsai," ungkapnya.

Jajat juga aktif dalam komunitas bonsai SIMATA (Singaparna, Mangunreja, Tanjungjaya) di bawah naungan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Tasikmalaya. 

Ia juga pernah terlibat dalam pameran dan kontes bonsai, meskipun belum pernah mengikuti acara di luar Tasikmalaya.

"Hobi ini juga bisa menghasilkan tambahan ekonomi. Saya pernah menjual bonsai dengan harga antara Rp600 ribu hingga Rp7 juta. Bahkan, saat ini ada bonsai Beringin Kimeng setinggi 50 cm milik saya yang ditawar hingga puluhan juta," tandasnya.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network