Mengenal Sosok Iptu Jajat Jatnika, Kapolsek Tanjungjaya Tasikmalaya yang Hobi Bonsai

Kristian
Mengenal Sosok Iptu Jajat Jatnika, Kapolsek Tanjungjaya Tasikmalaya yang Hobi Bonsai. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Iptu Jajat Jatnika, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Tanjungjaya, Polres Tasikmalaya, dikenal tidak hanya sebagai anggota polisi, tetapi juga sebagai penggemar tanaman bonsai

Pria kelahiran Sumedang, 20 Mei 1983, mengaku sudah lama tertarik dengan bonsai, meski baru mulai serius menekuni hobi ini pada 2019.

"Ketertarikan terhadap bonsai sudah lama ada. Namun, keinginan untuk memiliki tanaman bonsai baru muncul pada tahun 2019, saat saya diajak oleh anggota saya mengunjungi sebuah galeri bonsai di Banjar," kata Jajat kepada iNewsTasikmalaya.id, Selasa (25/6/2024).

Di belakang Mako Polsek Tanjungjaya, tempat ia bertugas, terdapat lahan kosong berukuran 12x10 meter yang sebelumnya merupakan kolam. Kini, lahan tersebut diisi oleh puluhan tanaman bonsai milik Jajat dan anggota lainnya.

"Hobi ini tidak mengganggu fokus utama saya sebagai anggota Polri yang bertugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Saya mengurus bonsai hanya saat ada waktu luang," ujarnya.

Jajat, yang telah menjadi polisi sejak 2003, menyebut bahwa selain membeli, ia juga mencari bonsai di hutan bersama saudaranya. "Ada yang saya beli, ada juga yang saya cari di hutan bersama saudara. Meski mencari di hutan, kami tidak merusak lingkungan, justru turut melakukan penghijauan," tuturnya.

Saat ini, Jajat memiliki banyak tanaman bonsai, dengan sekitar 30 tanaman yang masih dalam proses pembentukan. Jenis bonsai yang ia miliki antara lain Beringin Kimeng, Beringin Arjuna, Beringin Piit, Sianci, Anting Putri, Saeng Simbur, Ampelas, Kaliage/Sisir, Cemara Black Fine, Mirten, Waru India, Sancang, dan Cendrawasih.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network