Wujudkan Ketersediaan Air Bersih yang Aman di Kota Banjar, Pemkot Perluas Sambungan Rumah Gratis

Budiana Martin
Wujudkan Ketersediaan Air Bersih yang Aman di Kota Banjar, Pemkot Perluas Sambungan Rumah Gratis. Foto: Ilustrasi

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Memastikan ketersediaan air bersih yang layak dan aman bagi masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat, merupakan prioritas yang tak ternilai harganya. Sungai Citanduy yang membelah kota ini menjadikan air bersih sebagai aset penting yang harus dijaga.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, pemerintah terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya adalah memperluas sambungan rumah (SR) di berbagai wilayah Kota Banjar. Upaya ini dilaksanakan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda Tirta Anom) dan dilakukan secara gratis.

"Saat ini kami akan melakukan perluasan sambungan rumah di tiga desa dan kelurahan," kata Kepala Hubungan Langganan Perumda Tirta Anom Kota Banjar, Yogi Indrijadi, Sabtu (22/6/2024).

Perluasan SR ini akan dilakukan di Desa Cibeureum, Desa Jajawar, Desa Neglasari, dan Kelurahan Situ Batu. Program ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024.

"Target sasaran program DAK tahun ini adalah Desa Cibeureum, Jajawar, Neglasari, dan Kelurahan Situbatu," jelas Yogi.

Rincian perluasan sambungan rumah mencakup 180 SR di Desa Cibeureum, 220 SR di Desa Jajawar, dan 250 SR di Kelurahan Situ Batu, dengan total 650 SR baru untuk tahun 2024.

Yogi mengungkapkan bahwa pendataan untuk empat wilayah tersebut telah dilakukan, namun saat ini baru mencapai 59 persen dari target 650 SR.

"Mudah-mudahan di tahun ini target perluasan sambungan rumah ini bisa berjalan lancar, karena ini gratis," ujarnya.

Lebih lanjut, Yogi menjelaskan bahwa menurut informasi dari Dinas PUTR Kota Banjar, sasaran SR ini juga akan mencakup wilayah eksisting yang tidak termasuk dalam SPAM DAK tahun 2023, seperti Desa Neglasari.

"Ini kabar baik, karena masyarakat akan mendapatkan fasilitas pemasangan SR secara gratis sehingga diharapkan layanan air bersih dapat lebih merata dan terjangkau oleh masyarakat di Kota Banjar," pungkas Yogi.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network